Kalahkan 80 nama, Nusantara jadi nama ibu kota negara ternyata maknanya begini

- Senin, 17 Januari 2022 | 18:10 WIB
Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)
Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)

Hops.ID - Pemerintah menamai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru dengan nama Nusantara. Nama Nusantara terpilih mengalahkan 80 nama lain calon nama IKN.

Nah apa arti nama Nusantara ya Sobat Hopers? Nah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa mengungkapakan makna nama Nusantara sebagai nama IKN.

Arti nama Nusantara

Dia menjelaskan nama Nusantara itu punya arti penting bagi ibu kota baru. Dia menegaskan arti Nusantara itu adalah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan.

Baca Juga: Bukan belatung, pria ini mengaku kekasihnya minta cacing tanah dimasukan ke vagina saat bercinta

"Melalui nama Nusantara itu mengungkapkan realitas Indonesia. Nusantara itu sebuah konsep aktualisasi atas wilayah geografi sebuah negara yang di dalamnya terdapat pulau-pulau yang disatukan oleh lautan," jelas Suharso dalam Rapat Panitia Kerja RUU IKN di DPR, dikutip dari Antara, Senin 17 Januari 2022.

Ketua Umum PPP itu mengatakan pulau-pulau yang disatukan oleh lautan itu artinya bangsa Indonesia merupakan negara maritim. Dari konsep Nusantara itu, artinya sebuah pengakuan kemajemukan geografis yang didasarkan keragaman budaya, etnis, dan suku bangsa.

Nama Nusantara disetujui DPR

Dalam Panja tersebut, nama Nusantara sebagai nama IKN disetujui delapan fraksi DPR. Cuma Fraksi PKS dan DPD yang meminta penundaan persetujuan nama Nusantara, dengan meminta pemerintah menjelaskan kenapa memilih nama tersebut.

Kursi DPR. Foto: Antara

Baca Juga: Terhina soal sesajen, cewek Hindu senggol Habib Bahar: Gimana kalau sajadah kotor gua tendang?

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini