Jokowi tancap gas, warga China disebut diundang jadi penduduk di Ibu Kota baru!

- Selasa, 18 Januari 2022 | 08:43 WIB
Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)
Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)

Hops.ID - Pakar ekonomi senior, Rizal Ramli mendorong supaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjelaskan secara gamblang siapa yang bakal jadi penduduk dari ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, jika terealisasi nantinya.

"Saya mohon maaf, Pakde Jokowi tolong jelaskan siapa yang bakal tinggal di ibu kota 'baru'," kata Rizal Ramli, dalam saluran Youtube milik Wakil ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, dikutip Hops.ID pada Selasa, 18 Januari 2022.

Rizal Ramli menjelaskan bahwa secara hitung-hitungan ekonomi sebenarnya bakal mengalami kesulitan untuk memindahkan apa yang sudah ada di Jakarta. Bahkan, untuk kalangan bisnis properti besar sekalipun.

Baca Juga: Giring 'balas' Anies: Jangan dengarkan suara sumbang, Oktober bakal ada yang tumbang

Ilustrasi penduduk China (Reuters)

Di sisi lain dia juga menilai bahwa pengusaha properti akan lebih meraup keuntungan dengan mengelola modal untuk membangun kota-kota baru di Jawa dari pada harus membangun di wilayah IKN.

"Kalau perusahaan real estate besar tidak akan mau main real estate di Kalimantan Timur kecuali dipaksa, karena mereka lebih diuntungkan bikin BSD baru, bikin kota baru di Pulau Jawa," tegas Rizal Ramli.

Mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur ini juga memaparkan hanya pihak dari China yang akan berani tanam modal di IKN untuk membangun kota baru sesuai selera dan kebutuhan rakyat mereka untuk dipindahkan ke Indonesia.

Baca Juga: Isi lengkap surat minta maaf Ferdinand dari penjara: Tiada lain tempat berlindung kecuali Allah SWT

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: YouTube Fadli Zon Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KSAD menerima kunjungan LKN

Rabu, 18 Mei 2022 | 08:50 WIB