Rizal Ramli ke Jokowi: Pakde, Ibu Kota baru untuk siapa? Orang China ya?

- Selasa, 18 Januari 2022 | 10:32 WIB
Rizal Ramli di Youtube Refly. Foto: Ist.
Rizal Ramli di Youtube Refly. Foto: Ist.

HopsID - Ekonom senior yang belakangan menjadi pengamat politik nasional, Rizal Ramli meminta Presiden Jokowi mampu dan mau menjelaskan, siapa yang kelak menghuni Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Sebab, menurutnya, kawasan tersebut tak lebih menarik dari Pulau Jawa.

Dilansir dari video yang tayang di saluran Youtube Fadli Zon Official, Rizal Ramli penasaran, apakah benar Ibu Kota baru dibangun untuk rakyat Indonesia, atau justru untuk ‘menampung’ warga asing.

“Saya mohon maaf, Pakde Jokowi, tolong jelaskan siapa yang bakal tinggal di Ibu Kota baru?” ujar Rizal Ramli, dikutip Hops Trending, Selasa 18 Januari 2022.

Baca Juga: PKS: Layangan putus marak kalau ibu kota negara Nusantara...

Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)

Lebih detail, Rizal menjelaskan, secara hitung-hitungan ekonomi, akan sulit memindahkan apa yang sudah ada di Jakarta. Bahkan, hal itu juga berlaku untuk para pelaku bisnis yang telah lama berkecimpung di dunia properti nasional.

Menurutnya, pengusaha properti akan lebih banyak meraup untung jika membangun kota-kota baru di Pulau Jawa ketimbang di Kalimantan Timur.

"Kalau perusahaan real estate besar tidak akan mau main real estate di Kalimantan Timur kecuali dipaksa, karena mereka lebih diuntungkan bikin BSD baru, bikin kota baru di Pulau Jawa," terangnya.

Presiden Jokowi (Antaranews)

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi

Sumber: YouTube Fadli Zon

Tags

Artikel Terkait

Terkini