Fix! Ibu Kota Nusantara, singkirkan nama Cakrawala Pura sampai Nusa Karya

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:52 WIB
Presiden Jokowi lihat desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara baru (Instagram @nyoman_nuarta)
Presiden Jokowi lihat desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara baru (Instagram @nyoman_nuarta)

Hops.ID - Presiden Jokowi telah menamai Ibu Kota Negara (IKN) dengan nama Nusantara. Nama ibu kota baru di Kalimantan Timur itu melalui proses yang lumayan dinamis lho.

Tahu enggak Sobat Hopers, Nusantara yang dipilih Presiden Jokowi itu bukan satu-satunya calon nama lho. Kabarnya malah ada 80 calon nama untuk Ibu Kota Negara. Penasaran nggak nama-nama lainnya selain nama Nusantara ya?

Sebagaimana diberitakan Antara ternyata ada banyak kandidat nama. Nah yang terungkap ke publik sih sejauh ini cuma segelintir nama. Calon nama Ibu Kota Negara sebelum diputuskan Nusantara yang masuk adalah Cakrawala Pura, Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwi Pura dan Wana Pura.

Baca Juga: Honornya hampir sama dengan Fuji, Kiky Saputri syok: Gila kali, Fuji bisa Rp30 juta masa?

Cerita Jokowi pilih nama Nusantara

Sebagaimana diketahui, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan nama IKN baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ialah Nusantara. Nama itu dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo dan telah dikonfirmasi kepada dirinya secara langsung pada Jumat 17 Januari 2022.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dari Presiden pada Jumat dan Beliau mengatakan IKN ini namanya Nusantara," ungkap Suharso dalam rapat dengan Pansus RUU IKN DPR RI, Senin kemarin.

Untuk sampai mantap memilih nama Nusantara sebagai nama ibu kota negara yang baru, Presiden Jokowi sampai minta saran masukan dan pendapat dari ahli sejarah dan ahli bahasa lho. 

Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)

Baca Juga: Tak lama lagi, Jokowi bocorkan kapan kereta cepat Jakarta Bandung mulai beroperasi

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Antara, DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini