Pakar heran Ibu Kota baru dinamakan Nusantara: Seperti tak ada nama lain

- Rabu, 19 Januari 2022 | 13:43 WIB
Zaki Mubarak. (Ist.)
Zaki Mubarak. (Ist.)

Hops.ID - Pakar politik dan akademisi di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Zaki Mubarak mengaku heran dengan keputusan pemerintah menamakan ‘Nusantara’ ke Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Sebab, menurutnya, nama tersebut sangat membingungkan.

Zaki menjelaskan, Nusantara merupakan istilah yang ditujukan untuk menjelaskan gugusan kepulauan di Indonesia. Jika istilah tersebut digunakan sebagai nama daerah, kata dia, pasti publik akan dilanda kebingungan.

"Nusantara adalah nama untuk seluruh gugusan wilayah kepulauan di Indonesia," ujar Zaki Mubarak, dikutip Hops Trending dari Genpi, Rabu 19 Januari 2022.

Desain Istana Presiden ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)

Baca Juga: Fix! Ibu Kota Nusantara, singkirkan nama Cakrawala Pura sampai Nusa Karya

Dia sampai bertanya-tanya, memang tak ada nama lain selain Nusantara? Sebab, jika melihat kandidat yang sebelumnya diumumkan, ada sejumlah nama yang terdengar lebih masuk akal.

"Jadi, kalau kita mendengar kepulauan Nusantara berarti mencakup dari Sabang sampai Merauke," tuturnya.

Meski terkesan sepele, namun menurut Zaki, pemilihan nama merupakan hal penting untuk Ibu Kota baru. Itulah mengapa, dia merasa heran saat pertama mendengar nama Nusantara.

"Sehingga, Ibu Kota Indonesia yang merupakan kepulauan nusantara adalah Nusantara? Yang dengar jadi agak bingung," kata Zaki.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini