Nusantara belum juga dibangun, Denny sudah usul Ibu Kota harus pindah tiap 100 tahun sekali: Ini sangat layak

- Rabu, 19 Januari 2022 | 17:39 WIB
Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)
Desain Istana Presiden di ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)

Hops.ID - Disahkannya Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi Undang-undang membuat isu perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur kembali hangat diperbicangkan.

Sejumlah pihak buka suara terkait pemindahan Ibu Kota. Salah satu yang juga buka suara adalah pegiat media sosial, Denny Siregar.

Denny Siregar sendiri mengaku sejak awal sangat mendukung rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Dia menilai, dengan dipindahnya Ibu Kota dari Jakarta, akan membawa banyak dampak positif.

Hal itu disampaikannya lewat sebuah video yang baru-baru ini diunggah. Dalam video itu, Denny Siregar juga memiliki usul untuk memindahkan Ibu Kota negara setiap 100 tahun sekali. Langkah itu dinilai Denny sebagai jalan untuk membuat pemerataaan ekonomi di daerah-daerah.

Desain Istana Presiden ibu kota baru (Instagram @nyoman_nuarta)

"Seharusnya ada kesepakatan di DPR, bahwa setiap 100 tahun sekali misalnya, Ibu Kota negara harus pindah sebagai bagian dari pemerataan ekonomi di daerah," ujar Denny, dikutip Hops.ID pada Rabu 19 Januari 2022.

Denny menjelaskan skenario pendanaan untuk Ibu Kota baru tersebut. Kata dia, negara harus menyiapkan dana cadangan yang bisa dipakai setiap 100 tahun sekali untuk pemindahan Ibu Kota negara.

"Tentu negara harus menyiapkan dana cadangan yang dipakai setiap 100 tahun untuk perpindahan Ibu Kota," papar dia.

Uang itu nantinya akan sangat berharga karena sebagai modal masuknya investasi.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Cokro TV

Tags

Terkini