Jengkel ke Arteria Dahlan, Budi Dalton: Seakan Sunda bukan Indonesia!

- Kamis, 20 Januari 2022 | 08:19 WIB
Budayawan Sunda, Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton (Dok Unpas)
Budayawan Sunda, Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton (Dok Unpas)

Hops.ID - Budayawan Sunda, Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton menyampaikan pandangan soal pernyataan anggota DPR RI Fraksi PDIP, Arteria Dahlan terkait polemik kejaksaan yang berbahasa Sunda.

Menurut Budi Dalton pernyataan yang dilontarkan Arteria Dahlan seakan menyatakan bahwa Sunda bukanlah suku, wilayah, atau kebudayaan yang merupakan bagian dari Indonesia.

"Poinnya sebetulnya pernyataan mengenai ada seorang kajati yang berbahasa Sunda lalu diminta untuk profesional, dan ada yang sangat tegas sekali bahwa 'ini kan Indonesia'. Nah ini ada satu yang sangat tajam bahwa artinya mungkin Sunda itu bukan Indonesia," kata Budi Dalton dalam iNews Prime, dikutip Hops.ID pada Kamis, 20 Januari 2022.

Baca Juga: RG benarkan pelapor anak Jokowi, Ubedilah diasuh oleh dua partai besar ini

Politikus PDIP Arteria Dahlan. Foto: Instagram

Lebih lanjut, Budi Dalton meminta kepada ahli atau pakar untuk menganalisa ujaran kontroversial yang diungkapkan Arteria Dahlan.

Kendati demikian menurut pandangan pribadinya, politikus partai berlambang kepala banteng itu sebenarnya sengaja mengucapkan pernyataan tersebut.

"Ini kan bisa dianalisa oleh para ahli sastra terkait apa yang diucapkan beliau. Kalau pun di situ ada slip tongue seperti kita sering tonton jugalah kejadian-kejadian dari beliau, kelihatannya bukan kesalahan berbicara itu, saya pikir memang tujuan bicaranya seperti itu," imbuhnya.

Baca Juga: Ngomong 'Piye, penak?' ke korban pelecehan seksual, begini nasib Kasat Reskrim Boyolali sekarang

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: YouTube Official iNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini