Bukan Ahok, Jokowi disebut bakal tunjuk Luhut jadi Kepala Otorita IKN

- Kamis, 20 Januari 2022 | 09:13 WIB
Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Antara
Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Antara

Hops.ID - Teka-teki calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) jadi perbincangan hangat publik lantaran sosoknya yang hingga saat ini belum juga diumumkan Presiden Jokowi.

Setidaknya, ada beberapa nama yang digadang-gadang bakal jadi pemimpin di Ibu Kota Negara yang baru tersebut, salah satunya mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menanggapi desas-desus calon Kepala Otorita, Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto menilai bahwa ada sosok lain yang kemungkinan besar bakal ditunjuk oleh Jokowi.

Baca Juga: Yamaha Fazzio rusak pasaran Scoopy, cicilannya dibikin Rp30 ribu sehari

Menurut Satyo, Kepala Otorita IKN bakal bertugas memimpin wilayah tersebut dalam lima tahun ke depan sebagai pemimpin pembangunan sekaligus kepala daerah khusus IKN.

Melihat potensi tersebut dia memperkirakan bahwa Jokowi masih bakal mengandalkan tangan dingin sosok Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

"Mungkin Jokowi masih akan mengandalkan LBP sebagai Kepala Otorita sebelum benar-benar pensiun. Mengapa LBP? Karena sebagai salah satu kreator IKN baru tentunya LBP lebih punya kapasitas," kata Satyo menyitat RMOL pada Kamis, 19 Januari 2022.

Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama (Instagram/ @timbtp)

Satyo juga memprediksi Jokowi tidak akan memilih Ahok atau bahkan Erick Thohir sebagai Kepala Otorita lantaran kerap menuai kontroversi.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: Rmol.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Strategi Kampanye Golkar Menyasar Pemilih Milenial

Rabu, 23 November 2022 | 17:17 WIB