Tewaskan 5 orang, pengamat keselamatan urai penyebab kecelakaan di Balikpapan

- Jumat, 21 Januari 2022 | 11:02 WIB
Kecelakaan maut Rapak Balikpapan (Media Kaltim)
Kecelakaan maut Rapak Balikpapan (Media Kaltim)

Hops.ID-Kecelakaan yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur Jumat pagi pukul 06.30 Wita, antara truk yang membawa peti kemas menabrak pemotor hingga pengemudi mobil yang tengah berhenti di lampu merah di spekulasikan sebagai rem blong.

Kejadian yang terjadi tadi pagi tersebut, menurut Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) tidak bisa disimpulkan cepat kecelakaan di Balikpapan sebagai truk mengalami rem blong.

Menurutnya banyak faktor yang memengaruhi terjadinya kecelakaan di jalan raya, tidak bisa langsung disimpulkan dari rekamanan video yang beredar, meski terlihat truk tersebut menghantam pengguna jalan di lampu merah tanpa mengurangi kecepatan.Baca Juga: Satu keluarga dikabarkan jadi korban kecelakaan di Balikpapan: Anak selamat, ayah kritis, ibu meninggal

Sony Susmana pakar safety riding (Ist)

"Kita tidak bisa langsung menyimpulkan penyebab suatu kecelakaan hanya dari saksi mata atau rekaman, sebelum dilakukan penyelidikan dan keterangan pendukung," kata Sony kepada Hops.id Jumat 21 Januari 2022.

Dijelaskan Sony, pada kecelakaan yang terjadi di Balikpapan meski terlihat sebagai truk rem blong, namun bisa saja faktornya bukan terkait hal tersebut.

Truk tronton yang tabrak di kecelakaan Balikpapan (Pikiranrakyat.com)

Karena dalam beberapa kasus, kecelakaan truk seperti itu bisa diakibatkan faktor lain seperti sopir dalam kondisi sakit sehingga kehilangan kontrol ataupun masalah teknis pada kendaraannya.

Semua dugaan penyebab kecelakaan di Balikpapan tersebut tentu tak bisa menjadi penyebab utamanya, dan masih terlalu dini untuk menyimpulkannya.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Terkini

Kekayaan Hary Tanoesoedibjo

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:50 WIB