Belajar dari kecelakaan di Balikpapan, rem tangan mobil haram dipakai saat lampu merah

- Jumat, 21 Januari 2022 | 11:36 WIB
Kecelakaan truk tronton di Balikpapan (Instagram @mrgamayel)
Kecelakaan truk tronton di Balikpapan (Instagram @mrgamayel)



Hops.ID-Belajar dari kecelakaan yang terjadi di Balikpapan, mobil yang terseret tidak jauh saat berhenti dari lampu merah justru dinilai sebagai objek penghambat laju truk yang menabrak dari belakang.

Dalam kondisi mobil berhenti dan mengaktifkan rem tangan atau parking brake, dinilai Sony Susmana Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), justru menjadi objek yang akan tumpuan dari kecepatan truk seperti kecelakaan di Balikpapan.

"Mobil yang mengaktifkan parking brake sering dilakukan banyak pengemudi saat berhenti di lampu merah, cilakanya jika kejadian seperti kecelakaan di Balikpapan, maka mobil dengan parking brake aktif justru menjadi objek henti truk dari belakang," ungkap Sony

Baca Juga: Satu keluarga dikabarkan jadi korban kecelakaan di Balikpapan: Anak selamat, ayah kritis, ibu meninggal

Saat roda mobil terkunci rem, maka akan sangat fatal, karena saat terjadi benturan mobil justru akan menjadi tumpuan karena tertahan roda dalam kondisi terkunci. Hal inilah yang memperburuk terjadinya kerusakan.

Dengan adanya kecelakaan di Balikpapan, tentu harus bisa menjadi pembelajaran bagi pengemudi mobil yang sering mengaktifkan rem tangan atau parking brake saat di lampu merah.

Sony Susmana pakar safety riding (Ist)

Aktifkan rem tangan di lampu merah

Kesalahan yang cukup fatal jika banyak pengemudi saat ini tidak memahami dan memiliki kesadaran atas risiko di jalan raya. Khususnya saat berhenti di lampu merah, berhenti dan mengaktifkan rem tangan sekedar mengistirahatkan kaki ataupun posisi badan lebih rileks.

"Hingga kini banyak pengemudi mobil yang melakukan kebiasaan mengaktifkan rem tangan saat berhenti di lampu merah, padahal hal tersebut sangat berbahaya," jelas Sony.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Terkini

Kekayaan Hary Tanoesoedibjo

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:50 WIB