Bahaya suntik vaksin kosong, ahli minta harus ada syarat pendampingan

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:30 WIB
vaksinasi anak sekolah
vaksinasi anak sekolah


Hops.Id – Video viral sutnik vaksin kosong oleh seorang dokter kepada anak SD di Medan. Perlu diketahui bahwa ada risiko yang mengancam seseorang jika disuntik vaksin kosong.

“Sebenarnya kalau ada emboli atau gelembung udara itu yang berbahaya. Jadi kalau ada gelembung udara yang masuk maka itu bisa fatal,” kata ahli kesehatan masyarakat sekaligus vaksinator dr. Jusuf Kristianto seperti dikutip Hops.ID dari kanal Youtube tvOneNews pada Sabtu 22 Januari 2022.


Dilansir dari laman Alodokter, emboli merupakan kondisi ketika pembuluh darah tersumbat oleh zat asing, seperti gumpalan darah, gelembung udara, atau kolesterol. Kondisi ini bisa berbahaya dan harus segera diatasi, terutama bila terjadi di paru-paru atau otak.

Baca Juga: Vaksin kosong anak SD di Medan, Dokter yang suntik ngaku cuma...


Ketika pembuluh darah di suatu organ tersumbat, maka fungsi organ tersebut akan terganggu. Jika tidak ditangani dengan tepat, penyumbatan ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut.

Jepang percepat pemberian Vaksin booster untuk lansia (Foto: Pexels)

“Jadi resiko itu yang harus kita sadari, kembali lagi kepada para vaksinator, perlu mengingat atas tugas sudah berjanji pada negara gunakanlah hati nurani untuk melayani pasien dengan baik,” ujar Jusuf.


Sementara itu, dr. Alexander Ginting dari satgas Covid 19 mengatakan hubungan emosinal antara vaksinator dan yang divaksin harus dibangun.Baca Juga: Tega banget! Oknum nakes suntik vaksin kosong ke anak SD di Medan

Komunikasi antar dua belah pihak juga harus dibangun salah satunya untuk mencegah perbuatan penyuntikan vaksin kosong.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Terkini

KSAD menerima kunjungan LKN

Rabu, 18 Mei 2022 | 08:50 WIB