Rocky Gerung salahkan Jokowi usai Haikal Hassan diusir warga Malang

- Senin, 24 Januari 2022 | 09:09 WIB
Rocky Gerung tanggapi kebijakan pemerintah terhadap WNA dimasa pandemi varian Omicron (pikiran-rakyat)
Rocky Gerung tanggapi kebijakan pemerintah terhadap WNA dimasa pandemi varian Omicron (pikiran-rakyat)

Hops.ID - Akademisi sekaligus pengamat politik nasional, Rocky Gerung mengaku geram usai Haikal Hassan Baras alias Babe Haikal diusir sejumlah warga Malang, Jawa Timur yang tak ingin mendengar ceramahnya. Menariknya, menurut Rocky, pengusiran tersebut merupakan salah Presiden Jokowi.

Dilansir dari video yang tayang di kanal Youtube resminya, Rocky Gerung mengatakan, Presiden Jokowi tak pernah sungguh-sungguh mengakrabkan rakyatnya yang secara latar belakang berbeda. Itulah mengapa, kata dia, kerap terjadi aksi ‘gontok-gontokan’ di tengah publik.

“Kan itu intinya, demikian juga apa yang terjadi di Malang, soal Babe Haikal itu menandakan Presiden Jokowi gagal mengakrabkan warga negara,” ujar Rocky Gerung, dikutip Hops Trending, Senin 24 Januari 2022.

Baca Juga: Haikal Hassan diusir warga Malang, Tofa: Susahnya menerima perbedaan

Presiden Jokowi dinilai gagal mnjadi pemimpin, atas kasus pengusiran Haikal Hassan saat ceramah di Malang (Antara)

Lebih lanjut, tambah Rocky, perbedaan masih sering dijadikan masalah di Indonesia. Maka, kata dia, presiden semestinya bisa mengambil peran untuk memberikan kesadaran kepada rakyat agar mau menerima, mengerti, dan memahami suatu hal yang sejatinya tak sama.

“Lebih penting lagi, dia harus dibuat mengerti tentang keadaan Indonesia yang majemuk. Jadi, akhirnya perang antar buzzer di belakang itu,” tuturnya.

Imbasnya, menurut Rocky, kenyataan tersebut bisa memunculkan sentimen, bukan hanya sekadar bahasa, semua sentimen primordial akhirnya mencuat lagi.

“Pasti dibilang Jokowi lagi yang salah, ya emang rajanya siapa, kan itu soalnya, raja yang tidak mampu untuk mengucapkan hal-hal yang sifatnya antropologis. Karena sibuk dengan hal-hal yang sifatnya metropolis, yaitu pindah ibu kota itu,” kata dia.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KSAD menerima kunjungan LKN

Rabu, 18 Mei 2022 | 08:50 WIB