KNKT temukan pelanggaran pada truk tronton penyebab kecelakaan di Simpang Rapak, Balikpapan ternyata..

- Senin, 24 Januari 2022 | 20:16 WIB
Truk tronton yang tabrak di kecelakaan Balikpapan (Pikiranrakyat.com)
Truk tronton yang tabrak di kecelakaan Balikpapan (Pikiranrakyat.com)

Hops.ID - Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) mendapati sejumlah pelanggaran pada truk tronton penyebab kecelakaan di Simpang Rapak, Balikpapan. Pelanggaran tersebut adalah adanya modifikasi yang tidak sesuai peruntukannya seperti penambahan dimensi truk dan penambahan lebar truk.

“Ada penambahan itu untuk sumbu juga dimensinya lebih lebar dari dimensi awal truk,” kata Investigator KNKT Budi Susandi seperti yang dikutip Hops.ID dari kanal Youtube KOMPASTV pada Senin, 24 Januari 2022.

Lebih lanjut, Budi mengatakan phaknya masih belum rampung dalam menginvestigasi sekaligus menilai dan menganalisa segala sesuatu yang terkait kecelakaan yang menewaskan 4 orang dan membuat puluhan orang menderita luka itu.

Baca Juga: Azam Khan minta maaf soal monyet, Eggi Sudjana: Di atas langit masih ada langit

“Mungkin nanti kami harus mendalami lagi karena kami harus hati-hati dalam memberikan kesimpulan ataupun analisis gitu,” jelasnya.

Selain itu, kecelakaan yang terjadi pada pagi hari tersebut juga disebabkan karena adanya fakta kegagalan sopir dalam mengendalikan kendaraannya saat ada dugaan truk tronton mengalami rem blong.

Selain itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan untuk mengantisipasi agar kejadian yang sama tidak terulang, mengusulkan pembangunan jalur evakuasi di lajur kiri Simpang Rapak, Balikpapan.

Baca Juga: Tinggal di Australia, gini cara Acha Septriasa ajarkan nilai agama dan budaya Indonesia ke anak

Serta jika dimungkinakan pembangunan flyover di Simpang Rapak ”Saya mengusulkan pembangunan jalur evakuasi jalur pertama sebelah kiri, yang lahan punya Pertamina,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Kompas TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KSAD menerima kunjungan LKN

Rabu, 18 Mei 2022 | 08:50 WIB