Tak hanya dibebaskan, ayah yang terpaksa curi HP demi sekolah anak sampai sujud di depan jaksa karena hal ini

- Jumat, 28 Januari 2022 | 12:51 WIB
Pelaku pencurian HP, RC dibebaskan dan diberi bantuan HP oleh Kejaksaan Negeri Pangkal Pinang. (Foto: tangkapan layar kanal Youtube KEJAKSAAN NEGERI PANGKAL PINANG)
Pelaku pencurian HP, RC dibebaskan dan diberi bantuan HP oleh Kejaksaan Negeri Pangkal Pinang. (Foto: tangkapan layar kanal Youtube KEJAKSAAN NEGERI PANGKAL PINANG)

Hops.ID - Sebuah peristiwa memilukan terjadi Pangkalpinang, Bangka Belitung. Di mana seorang ayah tertangkap karena mencuri handphone (HP) di Alun-alun Taman Merdeka.

Dalam pendalaman kasus itu terungkap jika motif pelaku berinisial RC mencuri handphone tersebut adalah agar bisa digunakan anaknya untuk keperluan sekolah daring.

RC kemudian diamankan polisi untuk diproses hukum. Setelah berkasnya lengkap, perkara tersebut kemudian dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Pangkalpinang.

Penuntutan dihentikan

Dalam proses akhirnya Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkalpinang memilih menghentikan penuntutan tersebut dengan beberapa pertimbangan.

Baca Juga: Polisi ringkus 2 terduga pelaku pembacokan saat bentrok di diskotek Double O Sorong yang menewaskan 18 orang

Kajari Pangkal Pinang Jefferdian mengatakan jika pihaknya menghentikan penuntutan kasus ayah curi HP tersebut berdasarkan restorative justice.

Penghentian perkara tindak pidana Pencurian Pasal 362 KUHP atas nama tersangka RC itu didasarkan pada Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan Kajari Pangkal Pinang Nomor: 01/L.9.10.3/Eoh.2/01/2022 tertanggal 13 Januari 2022.

Putusan Penghentian Penuntutan tersebut telah disetujui oleh Jaksa Agung Muda Pidana Umum (JAMPIDUM ) Kejaksaan Agung RI.

“Kemarin sudah kami paparkan kepada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) segala upaya yang kami lakukan itu berhasil dan disetujui beliau. Maka pada kami diperintahkan untuk menghentikan penuntutan perkara ini secara keadilan restorative (restorative justice) dalam perkara tindak pidana pencurian pasal 362 KUHP atas nama terdakwa inisial RC,” kata Kajari Pangkalpinang, Jefferdian, seperti yang dikutip kanal Youtube KEJAKSAAN NEGERI PANGKAL PINANG pada Jumat, 28 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini