Menko Airlangga Hartarto yakin UMKM Indonesia bisa go internasional!

- Jumat, 18 Maret 2022 | 21:55 WIB
Menko Airlangga Hartarto
Menko Airlangga Hartarto

Hops.ID - Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto akan memberikan dukungan besar kepada para pelaku UMKM di Indonesia.

Dukungan besar Airlangga Hartarto tersebut agar para pelaku UMKM dapat memaksimalkan usahanya hingga go international.

Airlangga Hartarto mengungkapkan kapasitas UMKM dalam perekonomian Indonesia dapat dilihat dari kontribusi yang mencapai lebih dari 61 persen terhadap PDB Indonesia.

Airlangga menilai bahwa UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja yang mencapai 97 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Airlangga menegaskan, pelaku UMKM harus mendapat kemudahan untuk mengembangkan usaha mereka sampai menembus pasar ekspor.

Pemerintah sudah menyediakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bunganya hanya tiga persen karena disubsidi pemerintah hingga Desember 2022.

Sementara itu Menko Airlangga juga melakukan peninjauan ke UMKM yang sudah go internasional adalah produk Nusantara Indonesia (APNI), PT Kita Satu Rasa (Kisara), di Jalan Sorosutan Yogyakarta.

Produk pengalengan mereka berhasil menembus pasar ekspor seperti ke New Zealand dan Bangkok, serta negara di Timur Tengah.

Airlangga menambahkan, apa yang dilakukan ibu-ibu pelaku UMKM di Yogyakarta patut diapresiasi. Sebab, mereka bisa mengemas berbagai produk yang dihasilkan pada skala rumah tangga menjadi bernilai tinggi untuk diekspor ke luar negeri.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini