BRIN dan metode TMC, versi ilmiah dari pawang hujan MotoGP Mandalika, berhasilkah?

- Minggu, 20 Maret 2022 | 17:09 WIB
Tim Operasi TMC MotoGP Mandalika (BRIN)
Tim Operasi TMC MotoGP Mandalika (BRIN)

Hops. ID – Sebelum kehebohan soal pawang hujan diperhelatan MotoGP Mandalika, BRIN atau badan riset dan inovasi nasional juga melakukan penanggulangan hujan dengan operasi TMC atau teknologi modifikasi cuaca.

Operasi TMC merupakan operasi yang digunakan untuk pengurangan curah hujan. Metode ini biasanya digunakan untuk pengamanan pembangunan infrastruktur dan berbagai acara kenegaraan yang dilakukan di luar ruangan.

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Operasi TMC dilakukan dengan metode persemaian awan. Sehingga jika terpantau ada awan berpotensi hujan yang akan mendekati wilayah target, Tim operasi akan melakukan persiapan penyemaian agar proses hujan terjadi sebelum ke daerah yang di targetkan yaitu Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: 2 Puisi ciptaan Esa Sigit yang bikin galau dan gagal move on

“Setiap harinya kami bersama BMKG selalu menganalisa data cuaca dan memonitor pertumbuhan awan dari radar untuk menentukan strategi penyemaian yang akan kami laksanakan. Jika sudah terpantau ada pertumbuhan awan potensial hujan yang bergerak menuju daerah target, kami segera melakukan persiapan sortir penyemaian untuk mempercepat proses hujan supaya lebih dulu jatuh sebelum mencapai daerah target,” ucap Djazim Syaifullah staff pelaksana dan laboratorium pelaksanaan TMC, seperti dikutip Hops.ID dari laman resmi BRIN

Operasi TMC merupakan tindak lanjut dari permintaan Gubenur NTB serta badan nasional penanggulangan bencana atau BNPB yang saat itu disampaikan kepada BRIN melalui Surat No.: S-52/KA BNPB/PD.01/03/2022 tanggal 12 Maret 2022 perihal Permohonan Dukungan Kegiatan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di NTB.

Operas ini juga perwujudan dari permintaan resmi dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi  yang dilayangkan melalui Surat Nomor: B-0210/MENKO/MARVES/PE.02.00/I/2022 tanggal 21 Januari 2022, perihal permohonan dukungan penyelenggaraan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika sebagai bagian dari upaya persiapan penyelenggaraan event MotoGP 2022.

Baca Juga: Kasus kardus durian diungkit, Cak Imin batal nyapres?

Hal ini dikarenakan NTB saat ini memiliki status siaga darurat bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Operasi TMC ini juga telah dilakukan dari tanggal 17 Maret hingga tanggal 20 Maret 2022. 

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Pikiran Rakyat, BRIN, Motor Sport

Tags

Artikel Terkait

Terkini