Ketua MK diminta mundur usai dikabarkan mau nikahi adik Jokowi

- Rabu, 23 Maret 2022 | 13:17 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (Antara Foto/Wahyu Putra)
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (Antara Foto/Wahyu Putra)

 

Hops.ID – Sejak beredarnya kabar mengenai Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman yang akan menikahi Idayati adik Presiden Jokowi, banyak desakan agar Ketua MK tersebut mundur dari jabatannya setelah nantinya resmi menjadi suami dari adik kandung presiden Jokowi.

Seperti sebuah pernyataan yang disampaikan oleh Direktur Pusat Studi Konstitusi Pusako Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan bahwa Anwar Usman seharusnya mundur dari jabatannya sebaga ketua MK, Ketika nanti resmi menjadi suami Idayati.

Hal ini karena dikhawatirkan akan terjadi konflik kepentingan dengan Presiden Jokowi dalam berbagai persoalan di Mahkamah Konstitusi.

"Sebaiknya Ketua MK mundur untuk menjauhkan asumsi terjadi konflik kepentingan," ucap Feri seperti dikutip Hops.id dari laman Suara pada Rabu, 23 Maret 2022.

Diketahui bahwa presiden memiliki peran penting dalam memutuskan berbagai perkara di MK, termasuk di dalamnya adalah uji undang-undang.

Menanggapi desakan soal mundurnya ketua MK, juru bicara MK Fajar Laksono memberi tanggapan bahwa hal tersebut merupakan ranah pribadi Anwar Usman.

“Soal pernikahan, urusan pribadi Pak Anwar Usman, sehingga saat ini, saya tidak punya tugas dan kewenangan apapun untuk menyampaikan tanggapan,” ucap Fajar

Seperti diketahui bahwa sebelumnya kabar soal rencana pernikahan Anwar Usman dan Idayati pertama kali diketahui dari Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Walikota Solo sekaligus anak kandung Presiden Jokowi.

Saat itu Gibran menyebutkan bahwa keduanya telah melangsungkan proses lamaran pada tanggal 12 Maret 2022 lalu, dan akan melangsungkan pernikahan pada Mei mendatang.***

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Suara

Tags

Terkini

KIB disarankan majukan Capres dari hasil Konvensi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:31 WIB

Ekonom apresiasi keberlanjutan Program Pra Kerja

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:51 WIB