Didesak mundur dari MK usai nikahi Ida Yati, Anwar Usman heran: Jodoh itu hak mutlak Allah

- Senin, 28 Maret 2022 | 08:28 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (Antara Foto/Wahyu Putra)
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (Antara Foto/Wahyu Putra)

Hops.ID Anwar Usman yang merupakan Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) buka suara atas polemik yang terjadi di masyarakat terkait rencana pernikahannya dengan Ida Yati, adik dari Presiden RI Joko Widodo.

Ada sebagian pihak yang menyarankan agar Anwar Usman mundur dari jabatannya karena akan menikahi Ida Yati, ditakutkan penilaiannya sebagai hakim tidak lagi objektif.

Namun, Anwar Usman mengatakan menikah adalah perintah agama, seperti firman Allah dalam Alquran Surah An-Nisa ayat 3.

"Saya baru merencanakan untuk melanjutkan sisa-sisa kehidupan setelah ditinggal oleh almarhum istri saya," katanya pada Jumat, 25 Maret 2022 dikutip dari suara.com.

"Begitu juga calon yang akan saya nikahi, ditinggal oleh suami tercintanya. Heboh di mana-mana," lanjutnya menerangkan persamaan antara dirinya dan calon istrinya.

Profil dan Biodata Anwar Usman, Ketua MK RI yang Akan Menjadi Keluarga Presiden Jokowi (Instagram @mahkamahkonstitusi)

Menurutnya, tidak ada seorang pun yang bisa melarang adanya pernikahan karena itu merupakam ketetapan Allah dalam menentukan jodoh seseorang.

"Itu hak mutlak Allah untuk menentukan si A nikah dengan si B, si B nikah dengan si A, saya dengan siapapun. Enggak bisa dilarang oleh siapapun," tegasnya.

"Salah satu hak mutlak Allah yang menentukan jodoh, jodoh kelanjutan atau jodoh pertama. Sama, Allah yang menentukan. Lalu ketika melaksanakan perintah Allah, menjauhi larangan Allah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB disarankan majukan Capres dari hasil Konvensi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:31 WIB

Ekonom apresiasi keberlanjutan Program Pra Kerja

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:51 WIB