Gus Yaqut kena semprot petinggi NU: Salah jika perangi FPI

- Rabu, 6 April 2022 | 12:45 WIB
KH. Taufik Damas
KH. Taufik Damas

Hops.ID - Wakil Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta, Taufik Damas, melontarkan kritik pada Menag Yaqut Chalil Qoumas atau Gus Yaqut agar tidak terlalu keras menghadapi eks organisasi terlarang, Front Pembela Islam (FPI).

Taufik Damas menilai Gus Yaqut perlu mengoreksi pemahamannya mengenai FPI dalam hubungan berbangsa dan bernegara. Sebab menurutnya Gus Yaqut dinilai ada beberapa kekeliruan fatal soal pandangannya.

Kata Taufik, yang perlu dipahami Gus Yaqut adalah, FPI bukan organisasi yang berbahaya bagi masyarakat. Bukti bisa dilihat  pada kesetiaan para pentolan FPI pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga: Sebut eks HTI dan FPI masih berkeliaran di bawah tanah, Gus Yaqut ke kader Ansor: Ini tolong dipikirkan

Organisasi terlarang yang perlu diwaspadai oleh Gus Yaqut, kata Taufik, adalah semacam kelompok Hizbut Tahir Indonesia (HTI). Karena itu pihaknya meminta perlu bedakan antara FPi dan HTI.

“Yang diwaspadai dan bertentangan ideologinya dengan Pancasila dan NKRI jelas HTI, bukan FPI. Kalau FPI itu tidak berbahaya, karena yang kita dengar FPI itu setia pada NKRI,” katanya dalam diskusi bertajuk 'Benarkah FPI dan HTI Masih Bergerak di bawah Tanah?' di Perpustakaan Freedom Institute, Jakarta Selatan, dikutip Hops.ID pada Rabu, 6 April 2022.

Selain itu, Taufik tak menampik FPI kerap blunder dalam melakukan dakwah, cara yang diterapkan cenderung menerapkan amar ma’ruf nahi mungkar yang kaku di tengah-tengah masyarakat.
Baca Juga: Samakan FPI pimpinan Hanif Alatas dengan moge dan ibu arisan, Mahfud ingatkan soal ini!

Jadi wajar manakala metode dakwah  FPI itu kemudian mendapat penilaian negatif, bahkan sampai dianggap mengancam kerukunan umat beragama.

“Dalam level dakwahnya ini kadang-kadang (FPI) kurang sama dengan yang diinginkan oleh orang NU yang lebih soft. Bagaimanapun, amar ma'ruf nahi munkar tidak dilakukan dengan cara yang melahirkan kegaduhan,” jelasnya.

Meski begitu, Taufik sepakat dengan Gus yaqut soal ideologi HTI yang mengusung khilafah, memang perlu diwaspadai dan dibumi hanguskan sampai ke akar-akarnya

Halaman:

Editor: Mufrod

Sumber: Hops.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini