Inspeksi jelang masa mudik lebaran, Menko PMK usul ke Menhub gerbong khusus sepeda motor

- Minggu, 10 April 2022 | 09:00 WIB
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memberikan bingkisan kepada calon penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen.(Foto: dephub.go.id)
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memberikan bingkisan kepada calon penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen.(Foto: dephub.go.id)

Hops.ID - Menjelang masa mudik lebaran, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, melakukan inspeksi ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Turut mendampingi Menko PMK antara lain Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri, dan Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo.

Dalam inspeksinya, Menko PMK bersama Menhub meninjau sarana dan prasarana stasiun, meninjau vaksinasi, dan membagikan sembako serta takjil kepada masyarakat dan penumpang.

Menko PMK mengusulkan agar tahun ini diselenggarakannya mudik gratis dengan kereta api. Selain itu, dia juga menyarankan agar ada gerbong khusus untuk mengangkut sepeda motor.

"Nanti motornya bisa digunakan kembali setelah sampai di tempat tujuan. Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor," ungkap Menko PMK, Kamis 7 April 2022.

Baca Juga: Kemenhub siapkan 350 bus gratis untuk mudik Lebaran 2022, pendaftaran dibuka minggu depan

Baca Juga: Kemenhub: Kalau bisa, masyarakat jangan mudik pakai sepeda motor

Mendengar usulan dan saran Menko PMK, Menhub menjelaskan bahwa program mudik gratis tidak hanya dengan kereta api, tetapi juga dengan bus (untuk penumpang), dan truk (untuk mengangkut sepeda).

"Sepeda motor yang diangkut kereta gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis. Untuk truk motornya gratis juga," ungkap Menhub.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia harus bisa manfaatkan momentum perfect storm

Rabu, 28 September 2022 | 19:29 WIB