Rusia ancam kerahkan nuklir jika Swedia dan Finlandia nekat gabung NATO

- Jumat, 15 April 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi perang nuklir
Ilustrasi perang nuklir

Hops.ID - Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas, mengatakan Rusia sudah memiliki senjata nuklir di kawasan Baltik. Kawasin Baltik merupakan istilah geopolitik yang sering disematkan saat menyebut kelompok tiga negara berdaulat di Eropa Utara, yakni Estonia, Latvia, dan Lithuania.

Sebelumnya diketahui salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan NATO pada hari Kamis, 14 April 2022 bahwa jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi militer yang dipimpin AS maka Rusia harus meningkatkan pertahanannya di kawasan itu, termasuk dengan mengerahkan senjata nuklir.

Anusauskas mengatakan kepada BNS Lithuania bahwa senjata nuklir telah dikerahkan di daerah Kaliningrad, Rusia di Laut Baltik sejak sebelum invansi ke Ukraina.

Baca Juga: 758.018 Formasi guru PPPK tahun 2022 telah dibuka

"Ancaman Rusia saat ini terlihat cukup aneh, ketika kita tahu bahwa, bahkan tanpa (melihat) situasi keamanan saat ini, mereka (telah) menyimpan senjata 100 km dari perbatasan Lituania," kata menteri itu sebagaimana dilansir Reuters pada 14 April 2022.

"Senjata nuklir selalu disimpan di Kaliningrad, Rusia. (Adapun) komunitas internasional, negara-negara di kawasan itu, sangat menyadari hal ini. Rusia menggunakannya sebagai ancaman," katanya.

Perdana Menteri Lithuania Ingrida Simonyte mengatakan ancaman Rusia untuk meningkatkan militer, termasuk nuklir, di wilayah Baltik adalah "bukan hal baru".

Baca Juga: Elon Musk mau beli Twitter dengan harga Rp58 triliun

Sebelumnya sebuah kabar menyebutkan Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan bahwa jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, aliansi militer yang dipimpin AS maka Rusia akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di sebuah kota di jantung Eropa.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini