Bisnis survive saat pandemi tanpa PHK, Ketua BPP HIPMI Mardani H Maming beri pesan penting untuk anak muda

- Rabu, 20 April 2022 | 13:28 WIB
Mardani H Maming yang menjabat sebagai Ketua BPP HIPMI punya trik agar bisnis tetap survive di era pandemi. (Foto: Instagram @mardani_maming)
Mardani H Maming yang menjabat sebagai Ketua BPP HIPMI punya trik agar bisnis tetap survive di era pandemi. (Foto: Instagram @mardani_maming)

Hops.ID – Hantaman pandemi Covid-19 menghancurkan banyak bisnis, dari skala kecil hingga besar. Di antara yang mampu bertahan, enggak sedikit yang terpaksa PHK banyak pegawai. Tapi, enggak begitu dengan mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan Mardani H Maming.

Mardani H Maming yang menjabat sebagai Ketua BPP HIPMI punya trik agar bisnis tetap survive di era pandemi.

Salah satunya adalah penghematan hingga menghentikan sementara investasi yang tidak perlu atau jangka panjang.

“Investasi jangka pendek yang bisa langsung menghasilkan keuangan atau pemasukan itu mungkin bisa dilakukan, tapi di masa pandemi ini sungguh sulit membaca situasi ekonomi yang tidak ada kejelasan,” kata Mardani H Maming, dikutip dari harianhaluan.com pada Rabu, 20 April 2022.

Baca Juga: Tak lagi pajang foto bareng Greivance Lumoindong, Salmafina bahas pengkhianatan hingga selingkuh

Pria yang juga Pembina Asosiasi Media Sosial dan Siber Indonesia (AMSINDO) ini berpendapat, bisnis tetap bertahan tanpa harus PHK sudah merupakan keberhasilan.

Diakuinya keberhasilan itu juga atas dukungan pemerintah. "Itulah yang bisa membantu saya dan saya juga berterima kasih kepada pemerintah karena kita diberi relaksasi, saya tidak membayar pinjaman pokok sehingga hanya membayar bunga saja dan itu tidak mem-PHK para karyawan kita dan relaksasi tersebut nanti akan dibayar di tahun berikutnya,” katanya.

Saat ini, dia memang sedang fokus ke bisnisnya hingga terpaksa mundur dari jabatan sebagai bupati. Tapi, Mardani H Maming masih menyimpan keinginan kembali ke dunia politik.

“Suatu saat saya pasti mau menjadi pejabat atau kepala daerah lagi. Saya sempat mundur jadi bupati (periode kedua). Di mana saya juga harus mengambil beberapa pilihan dan ada beberapa perusahaan juga yang harus saya tangani,” katanya.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini