Dianggap tak serius, Novel Baswedan beri komentar menohok soal Dewas KPK: Berarti kinerjanya

- Jumat, 22 April 2022 | 11:46 WIB
Mantan pegawai KPK Novel Baswedan  (Pikiran Rakyat)
Mantan pegawai KPK Novel Baswedan (Pikiran Rakyat)

Hops.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadi sorotan publik setelah salah satu pimpinannya dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) atas dugaan penerimaan gratifikasi. Hal ini tak luput dari pandangan mantan pegawai KPK Novel Baswedan.

Novel menilai masalah ini tak lepas dari tanggung jawab Dewas. Sebab dalam struktur kepegawaian KPK terbaru, Dewas punya tanggung jawab kalau ada pimpinan atau pegawai KPK melakukan pelanggaran.

"Kalau ada pimpinan atau pegawai KPK yang melakukan kesalahan berulang-ulang berarti kinerja dewasnya tidak benar. Kalau bener, dewas akan membuat pimpinan KPK tidak berani melakukan pelanggaran kode etik," ujar Novel seperti dikutip Hops.ID dari akun Youtube @Novel Baswedan Jumat, 22 April 2022.

Baca Juga: Megah dan pakai lift pribadi, Raffi Ahmad terpukau lihat rumah Irwansyah

Ia beranggapan Dewas tidak serius dalam merespon laporan-laporan yang masuk. Misalnya pada laporan sebelumnya pelanggaran yang cukup serius mengarah ke tindak pidana kejahatan. Tapi hanya diproses kode etik saja, rekomendasinya tidak diteruskan ke penegak hukum.

"Sudah ditentukan pelanggaranya berat, tapi hukumannya ringan cuman potong gaji Rp 2 juta. Artinya jika dibandingkan dengan take home pay cuman sekitar 2 persen. Saya kira ini tidak berimbas apapun," katanya.

Saat laporan pelanggaran eks penyidik KPK Stepanus Robin misalnya, Novel dan rekannya melaporkan ke dewas ada dugaan keterlibatan pimpinan dan pegawai KPK lainnya yang harus dibuktikan. Tapi hal ini malah dibiarkan oleh Dewas.

Baca Juga: Deddy Corbuzier sebut bintang tamu podcast-nya banyak yang ditangkap polisi, Chika panik: Wah, takut banget

"Bahkan dalam persidangan, Robin dengan jelas menyebutkan ada keterlibatan Bu Lili saat itu. Tapi Dewas malah 'anteng' (diam saja)," ujarnya.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: YouTube Novel Baswedan

Tags

Artikel Terkait

Terkini