Selalu trending di hari lebaran: Bagaimana hukum menikah dengan sepupu sendiri? Begini penjelasan lengkapnya

- Jumat, 29 April 2022 | 21:39 WIB
Ilustrasi ciri seseorang takut menikah. (Pexels/Sandro Crepulja)
Ilustrasi ciri seseorang takut menikah. (Pexels/Sandro Crepulja)

Hops.ID — Salah satu warganet mengungkapkan bahwa setiap Lebaran, kata kunci di google mengenai hukum menikah dengan sepupu sendiri selalu naik. 

Hal ini terjadi karena lebaran merupakan momen silaturahmi. Momen silaturahmi inilah yang memungkinkan keinginan menikah dengan sepupu sendiri yang bahkan belum pernah bertemu. 

Untuk itu, tulisan berikut ini berupaya menjawab persoalan ihwal bagaimana hukum menikah dengan sepupu sendiri menurut Islam. 

Baca Juga: Tegas dan lugas, Pimpinan Pusat Muhammadiyah rilis kajian terkait penambangan Wadas: Itu pelanggaran HAM!

Sebagai awalan, merujuk pernyataan Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Syamsul Hidayat di dalam salah satu surat kabar. Beliau menerangkan fatwa Tarjih tentang hukum menikah dengan saudara sepupu sendiri. 

Menurutnya, tidak ditemukan nash-nash baik dalam al-Qur’an maupun as-Sunnah yang shahih melarang pernikahan antar saudara sepupu.

“Jadi artinya dalam fatwa tarjih tentang menikahi saudara sepupu itu dibolehkan karena tidak terdapat larangannya di Al-Quran maupun As-Sunah al-Maqbulah,” tutur Syamsul Hidayat, dilansir hopsid dari laman resmi Muhammadiyah, Jumat 29 April 2022.

Baca Juga: Momen ustadz Adi Hidayat puji Gus Baha, bikin adem lihatnya

Syamsul menerangkan bahwa terdapat ayat-ayat al-Qur’an dan as-Sunnah yang shahih lagi maqbul yang menerangkan perempuan-perempuan yang tidak boleh dinikahi oleh laki-laki (mahram) atau sebaliknya.

Dalam hal ini, terdapat di QS. An-Nisa ayat 3, 22, 23, dan 24, QS. Al-Baqarah ayat 228, 230, 234, dan 235, dan QS. An-Nur ayat 3. Bahkan jika menukil QS. An-Nisa ayat 22-24 terasa lebih relevan dengan persoalan yang sedang kita dibicarakan ini. 

Halaman:

Editor: Hadi Suprapto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penjajakan KIB makin intensif dilakukan

Jumat, 23 September 2022 | 17:32 WIB