Hari Buruh Internasional 2022: Partai Buruh usulkan Marsinah jadi Pahlawan Nasional

- Minggu, 1 Mei 2022 | 14:39 WIB

Hops.ID — Pada peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2022, Partai Buruh memberi penghargaan Pahlawan Nasional kepada almarhumah Marsinah, seorang aktivis Buruh perempuan asal Sidoarjo.

Menurut laporan yang dirilis di kanal resmi YouTube Partai Buruh, nantinya pada saat pemberian penghargaan akan hadir pula kakak kandung Marsinah dalam peringatan Hari Buruh Internasional tersebut. 

"Yang paling inti di Hari Buruh Internasional adalah penganugerahan gelar Pahlawan Nasional yang akan diberikan kepada Marsinah. Dengan harapan, setelah itu pemerintah memberikan juga gelar Pahlawan Nasional," kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal, dilansir dari kanal YouTube resmi Partai Buruh, Minggu 1 Mei 2022.

Baca Juga: Ilmuwan minta waspada, perubahan iklim bisa picu wabah mematikan baru di bumi

Upaya pengangkatan ini, menurutnya, didasari asumsi masih jarang adanya pahlawan nasional yang lahir dari kalangan buruh.

"Setelah itu, Partai Buruh dan serikat buruh akan membentuk panitia untuk tindak lanjut menjadikan Marsinah sebagai Pahlawan Nasional kepada pemerintah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Said Iqbal menyatakan bahwa peran Buruh dalam perjalanan bangsa begitu sentral, sebagaimana halnya guru dan juga petani.

“Padahal Soekarno mengatakan salah satu tokoh negara adalah buruh termasuk petani dan guru. Oleh karena itu mengangkat Marsinah, menganugerahkan Marsinah sebagai simbol buruh, perlawanan kaum buruh untuk diangkat menjadi pahlawan nasional adalah keniscayaan," kata Said.

Baca Juga: Tegas dan lugas, Pimpinan Pusat Muhammadiyah rilis kajian terkait penambangan Wadas: Itu pelanggaran HAM!

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: YouTube, Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB disarankan majukan Capres dari hasil Konvensi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:31 WIB

Ekonom apresiasi keberlanjutan Program Pra Kerja

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:51 WIB