10 Sejarah dunia yang terjadi 4 Mei, dari tragedi Superga hingga Grammy Awards pertama

- Rabu, 4 Mei 2022 | 14:18 WIB
Tragedi Superga (commons.wikimedia.org)
Tragedi Superga (commons.wikimedia.org)

Hops.ID Sejarah dunia mencatat bahwa tanggal 4 Mei terdapat kejadian paling memilikukan untuk sepak bola Italia yaitu tragedi Superga.

Dalam tragedi tersebut, tim Liga Serie A Italia yang sedang berjaya yaitu Torino, harus menelan pil pahit dengan kehilangan puluhan punggawa serta para awak pesawat di dalamnya.

Selain itu masih ada rentetan kejadian lainnya yang telah Hops.id rangkum menjadi 10 sejarah dunia pada Mei, ini dia beberapa kejadiannya Hopers.

Baca Juga: Pernah jadi korban bully, Frederika Cull sukses buktikan bakat melalui model hingga akting

1814: Napoleon Bonaparte diasingkan oleh kekuatan sekutu dan mendarat di Porto-Ferrajo di Pulau Elba.

1863: Pertempuran Chancellorsville dalam Perang Saudara Amerika, serangan berdarah oleh tentara Union di Virginia yang gagal membubarkan Tentara Konfederasi Virginia Utara berlanjut.

1886: Kekerasan antara polisi dan pengunjuk rasa buruh meledak pada kerusuhan Haymarket di Chicago yang mendramatisir perjuangan gerakan buruh untuk mendapatkan pengakuan di Amerika Serikat.

Baca Juga: Penjelasan lengkap Profesor Zubairi Djoerban soal virus hepatitis misterius yang mengancam anak-anak

1919: Mahasiswa Cina patriotik memprotes keputusan Konferensi Perdamaian Paris bahwa Jepang mempertahankan hak-hak dan kepemilikan Jerman yang dikalahkan di Shantung (Shandong). Peristiwa ini dikenal sebagai May Fourth Movement.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: 90min, Britannica, europeana.eu, nationaldaycalendar.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini