Berduka! Anggota TNI Kontingen Garuda Kongo gugur dalam tugas di hari terakhir Bulan Ramadhan

- Minggu, 8 Mei 2022 | 06:10 WIB
Kopda TNI Jarot Budi Utomo anggota Kontingen Garuda yang gugur dalam tugas di hari terakhir Bulan Ramadhan (KBRI Nairobi)
Kopda TNI Jarot Budi Utomo anggota Kontingen Garuda yang gugur dalam tugas di hari terakhir Bulan Ramadhan (KBRI Nairobi)

Hops.ID - Berita duka kembali menyelimuti keluarga besar TNI dan juga rakyat Indonesia. Tepat di hari terakhir Bulan Ramadhan kemarin, seorang prajurit Kontingen Garuda Kongo gugur dalam tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian.

Kopral Dua (Kopda) TNI Jarot Budi Utomo, anggota dari Satuan Batalyon Kavaleri 9/Satya Dharma Kala (SDK) Kodam Jaya yang tergabung sebagai personel Satgas Kizi XX-S/MONUSCO, dinyatakan gugur dalam tugas karena sakit keras yang diderita.

Di hari terakhir Bulan Ramadhan, Kopda TNI Jarot Budi Utomo gugur dalam tugas di RS Aga Khan University, Nairobi, Kenya, pada tanggal 1 Mei 2022. Sebelumnya, almarhum sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Kongo, karena keterbatasan medis lalu dipindahkan.

Baca Juga: Diduga buntut tikus, unggahan sisa bakso ini banyak dilihat netizen ketika lagi makan: Yah pas nuang saos nih

Melansir dari akun Instagram kabarnegeri dan juga puspen TNI, Jarot Budi Utomo dinyatakan gugur dalam tugas sebagai pasukan perdamaian dari Kontingen Garuda karena sakit keras, meskipun sudah berjuang selama 11 hari di rumah sakit.

"Selamat jalan Garuda kita, manusia hanya bisa berusaha, berikhtiar dan berdoa, namun Tuhan juga yang menentukan akhir perjalanan hidup anak manusia," ucap DR.Mohamad Hery Saripudin, Duta Besar Indonesia di Nairobi, seperti dikutip Hops.ID, Sabtu, 7 Mei 2022.

Semapt dirawat karena sakit keras, Kopda TNI Jarot Budi Utomo anggota Kontingen Garuda meninggal dunia tanggal 1 Mei 2022 (Instagram @puspentni)

Setelah jenazah dilakukan pemulasaran secara Islam dan disholatkan, KBRI Nairobi dan PBB kemudian mengurus segala administrasi untuk pemulangan jenazah ke Indonesia.

Dilepas secara resmi oleh Duta Besar Indonesia dan para diplomat, jenazah diterbangkan pada hari Jumat, 6 Mei 2022 ke Indonesia.

Tiba di tanah air pada Sabtu, 7 Mei 2022, jenazah diterima langsung oleh Marsda TNI Benedictus Benny selaku Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: Instagram @puspentni, Instagram @kabarnegeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini