Menaker Ida Fauziyah sarankan WFH untuk mengurai kemacetan arus balik

- Minggu, 8 Mei 2022 | 15:24 WIB
Menaker Ida Fauziyah (Kemnaker.go.id)
Menaker Ida Fauziyah (Kemnaker.go.id)

Hops.ID Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah, memberikan saran untuk para pengusaha dan pekerja memberlakukan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Saran Menaker tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan puncak arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah yang diprediksi terjadi pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2022. Karena pada puncak arus balik libur Lebaran tersebut dapat menyebabkan intensitas jumlah kendaraan yang menumpuk.

"Sebagaimana imbauan Bapak Presiden Jokowi bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idul Fitri tahun ini, untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," kata Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker pada Sabtu malam 7 Mei 2022.

Baca Juga: Kerap berpenampilan sederhana, video Duta Sheila On 7 jalan kaki usai shalat ied kembali tuai pujian warganet

Menaker memberi saran agar pengusaha diharapkan berkoordinasi, berdialog dan berkomunikasi dengan pekerja/buruh yang mudik lebaran, sehingga dapat menghindari puncak arus balik.

“Salah satu cara yang dapat didialogkan yaitu melakukan pekerjaan secara remote atau sistem bekerja dari rumah,” lanjut Ida Fauziyah berikan penjelasan.

Menurut Menaker dimana tentunya pelaksanaanya harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja.

Baca Juga: Sudah punya dua anak, kelakuan Nagita Slavina bikin netizen gemas: Usia enggak ngaruh!

"Sistem ini tentunya sudah cukup familiar bagi masyarakat, di mana pengaturan ini pernah bersama-sama dilakukan selama pandemi COVID-19. Sistem ini bisa diterapkan sementara waktu guna menghindari kepadatan puncak arus balik," sambung Menaker.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: dephub.go.id, Twitter @KemnakerRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini