Dampak larangan ekspor minyak sawit, Malaysia ambil alih dominasi Indonesia di pasar India

- Kamis, 12 Mei 2022 | 14:49 WIB
Dampak larangan ekspor minyak sawit oleh pemerintah, Malaysia ambil alih dominasi Indonesia di pasar India (Getty Images/iStockphoto/mtcurado)
Dampak larangan ekspor minyak sawit oleh pemerintah, Malaysia ambil alih dominasi Indonesia di pasar India (Getty Images/iStockphoto/mtcurado)

Hops.ID – Kebijakan larangan ekspor minyak sawit Indonesia membuat Malaysia menjadi pemasok utama minyak sawit ke pasar India.

Indonesia merupakan produsen minyak sawit terbesar di dunia. Akan tetapi kebijakan ekspor yang tidak menentu, termasuk larangan terbaru yang diumumkan pada 22 April 2022 lalu, mendorong konsumen India meningkatkan ketergantungan mereka kepada Malaysia, produsen terbesar kedua di dunia sebagaimana dilansir dari Reuters pada Kamis, 12 Mei 2022.

Malaysia pun mengambil keuntungan dari larangan ekspor Indonesia ini dan memotong pajak ekspor minyak sawit mereka sebanyak setengahnya.

Baca Juga: Tagar Anies-Susi viral di Twitter, mungkinkah memenangi kontestasi Pilpres 2024?

Menurut perkiraan dari Solvent Extractors' Association of India (SEA), sebuah badan perdagangan minyak nabati, kombinasi pajak ekspor yang lebih rendah dan larangan ekspor Indonesia dapat membuat pangsa ekspor minyak sawit ke India akan turun menjadi 35% pada tahun ini, di mana pada satu dekade lalu Indonesia mengusai dari lebih dari 75% impor minyak sawit India.

SEA menambahkan, dalam lima bulan pertama tahun pemasaran 2021/2022, India telah membeli 1,47 juta ton minyak sawit dari Malaysia dan hanya 982.123 ton dari Indonensia.
India diperkirakan akan mengimpor 570.000 ton minyak sawit pada periode Mei 2022, dengan rincian 290.000 ton dari Malaysia dan 240.000 ton dari Indonesia.

Jika kebijakan larangan ekspor Indonesia tetap berlaku dalam dua minggu ini, maka impor minyak sawit India bulan Juni bisa turun menjadi 350.000 ton, di mana sebagian besar berasal dari Malaysia.

Baca Juga: 10 Peristiwa sejarah dunia pada 12 Mei, dari rilis album Rolling Stones hingga perpisahan Sir Alex Ferguson

Dengan adanya pergeseran impor minyak sawit India akan menjungkirbalikkan pola dominasi Indonesia yang mapan di Asia Selatan. Namun, persediaan minyak sawit Malaysia yang relatif terbatas masih menjadi kekhawatiran menyusul kekurangan tenaga kerja yang berkepanjangan yang telah memangkas hasil perkebunan.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini