Besok ribuan buruh kepung gedung DPR, ada apa?

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:29 WIB
Demo buruh di depan Gedung DPR. Foto: Antara.
Demo buruh di depan Gedung DPR. Foto: Antara.

Hops.ID - Sabtu, 14 Mei 2022, ribuan buruh dari berbagai serikat kerja dipastikan bakal memenuhi Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Selain itu, mereka juga bakal menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPR. Hal ini dilakukan dalam rangka perayaan Hari Buruh Internasional.

Menanggapi hal ini, petugas kepolisian menyarankan seluruh warga DKI Jakarta agar menahan diri tidak berolahraga pagi di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Sebab, lokasi tersebut akan digunakan oleh ribuan buruh dalam puncak perayaan Hari Buruh atau May Day.

Kombes Sambodo Purnomo Yogo, selaku Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, menyebutkan bahwa sejak pagi hari, ribuan massa buruh kemungkinan bakal memenuhi kawasan GBK. Bahkan, ribuan bus dari daerah lain juga akan masuk kawasan Ibu Kota.

Baca Juga: Massa buruh kepung Gedung Sate dan PTUN Bandung, ini tuntutan yang diusung

"Rekayasa besok yang pertama sebaiknya warga Jakarta dari pagi tidak berolahraga di GBK. Karena dari pagi massa buruh sudah akan datang. Kurang lebih ada seribuan bus yang akan masuk ke GBK," kata Sambodo, seperti dilansir Hops.ID dari laman suara, Jumat 13 Mei 2022.

Lebih lanjut lagi, polisi juga telah menyiapkan arena lahan parkir. Untuk massa buruh yang berasal dari kawasan Jawa Barat seperti Purwakarta hingga Karawang akan disiapkan lahan parkir di sisi timur.

Lalu untuk buruh yang berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya, akan disiapkan parkir di ring road area GBK. Sementara massa buruh dari kawasan Banten, akan ditempatkan di kawasan Jalan Asia-Afrika.

Baca Juga: Hari Buruh Internasional 2022: Partai Buruh usulkan Marsinah jadi Pahlawan Nasional

"Nanti kami tempatkan di ring road di dalam area GBK. Sedangkan untuk buruh yang berasal dari Banten, Tangerang Raya dan sekitarnya, kita akan tempatkan di cekungan Asia-Afrika," lanjut Sambodo.

Polisi memperkirakan akan ada 60 massa dari elemen buruh yang akan hadir dalam puncak perayaan Hari Buruh besok. Tidak hanya itu, sebanyak dua ribu bus yang mengangkut massa buruh dari berbagai daerah juga akan masuk ke Ibu Kota.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini