Hari ke-80 invansi, Ukraina babat habis 70 unit peralatan militer Rusia di Sungai Seversky Donetsk

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:00 WIB
Ukraina babat habis 70 unit peralatan militer Rusia di Sungai Seversky Donetsk (Telegram @infomnaplm)
Ukraina babat habis 70 unit peralatan militer Rusia di Sungai Seversky Donetsk (Telegram @infomnaplm)

Hops.ID – Pertempuran antara Rusia dan Ukraina telah memasuki hari ke-80 sejak invasi dimulai sejak 24 Februari 2022. Pertempuran sengit hari ini terjadi di wilayah-wilayah timur Ukraina, terutama di wilayah Donbass, termasuk Luhansk dan Donestk yang menjadi area paling berdarah saat ini.

Namun pada kenyataannya, pertahanan total Ukraina Timur, terutama di Donestk tak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, Rusia tidak menunjukkan keberhasilan yang signifikan di daerah-daerah Luhansk dan Donetsk sejak meluncurkan serangan di fase kedua ini.

Rusia mengalami kerugian besar saat hendak menyebrang di sungai Seversky Donetsk di wilayah Donetsk Oblast sebagaimana diilansir dari Telegram @infomnaplm pada Jumat, 14 Mei 2022.

Baca Juga: Anies Baswedan banjir dukungan jadi Presiden Indonesia 2024, Mileanies Sidrap: Cerdas dan religius

Diperkirakan lebih dari 70 unit kendaraan militer Rusia (termasuk tank) hancur ditembak Unit Brigade Tank Terpisah ke-17 Ukraina saat hendak melintasi sungai di Seversky Donetsk di Donetsk Oblast. Akibatnya, Rusia mengalami kerugian yang cukup besar di lokasi tersebut.

Caitlin Doornbas, seorang reporter dari Pentagon menulis di akun Twitter pribadinya sebagai berikut:

Rusia tidak bisa menyeberangi sungai di Donetsk. Kegagalan untuk melakukan beberapa penyeberangan itu mempengaruhi kamampuan mereka untuk mengkonsolidasikan kekuatan mereka karena tidak mendapatkan banyak orang menyeberangi sungai dan itu memengaruhi kemampuan mereka untuk mendapatkan bala bantuan massal di Donbass Utara,” tulisnya dikutip Hops.ID pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Baca Juga: Preview Final Piala FA 2022: Akankah Chelsea jadi batu sandungan Liverpool?

Dilansir Nexta pada 13 Mei 2022, Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengungkapkan jika Putin seharusnya menghadapi kenyataan bahwa invasinya ke Ukraina telah gagal dan negaranya akan keluar dari perang (dengan kondisi kekuatan militer) yang lebih lemah daripada sebelumnya.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Telegram @infomnaplm

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekayaan Hary Tanoesoedibjo

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:50 WIB