Israel izinkan Estonia sumbang rudal anti kapal, Armada Laut Rusia terancam dihancurkan Ukraina

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:20 WIB
Israel izinkan Estonia sumbang rudal anti kapal, Armada Laut Rusia terancam dihancurkan (Telegram @infomnaplm)
Israel izinkan Estonia sumbang rudal anti kapal, Armada Laut Rusia terancam dihancurkan (Telegram @infomnaplm)

Hops.ID – Perang Rusia Ukraina telah memasuki hari ke-80 sejak invasi dimulai sejak 24 Februari 2022.

Selama perang Rusia Ukraina, AS dan sejumlah negara-negara aliansi NATO, salah satunya adalah Estonia telah memasok senjata termasuk sistem rudal anti kapalnya ke Ukraina.

Sebab Perang Rusia Ukraina yang masih berjalan, sebuah rumor mengatakan jika Israel mengizinkan Estonia untuk memasok bantuan senjata militer anti kapal yang dibelinya dari Israel akibat cuitan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. Menteri tersebut dinilai menghina kaum Yahudi di seluruh dunia, terutama Israel baru-baru ini.

Baca Juga: Polisi ungkap fakta bakso yang diduga pakai daging tikus di Karawang

Dalam keterangan yang diunggah akun Telegram @infomnaplm, disebutkan, “Jika rumor tentang transfer sistem rudal anti kapal Blue Spear (5G SSM) dari Estonia ke Ukraina ternyata benar, maka segera Ukraina akan dapat (menyerang) mengenai kapal (perang) dan kapal selam Armada Laut Hitam Rusia di Sevastopo, yang tentu saja, akan menyebabkan kepanikan (bagi Moskow),” tulisnya dikutip Hops.ID pada 14 Mei 2022.

Pertempuran sengit di hari ke-80 antara Rusia dan Ukraina terus dilakukan di wilayah Timur Ukraina. Namun, saat ini Rusia tidak menunjukkan keberhasilan yang signifikan di daerah-daerah Luhansk dan Donetsk sejak meluncurkan serangan di fase kedua ini.

Dilansir Telegram @infomnaplm, Rusia mengalami kerugian besar saat hendak menyebrang di sungai Seversky Donetsk di wilayah Donetsk Oblast.

Baca Juga: Presiden Uni Emirat Arab meninggal dunia, ini penyebabnya

Secara total, diperkirakan lebih dari 70 unit kendaraan militer Rusia (termasuk tank) hancur ditembak Unit Brigade Tank Terpisah ke-17 Ukraina saat hendak melintasi sungai di Seversky Donetsk di Donetsk Oblast. Akibatnya, Rusia mengalami kerugian yang cukup besar di lokasi tersebut.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Telegram @infomnaplm

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekayaan Hary Tanoesoedibjo

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:50 WIB