Tegas, pimpinan Partai Buruh Inggris kecam perang Rusia dan Ukraina: Dunia makin mengerikan dan suram

- Minggu, 15 Mei 2022 | 15:44 WIB

Hops.ID - Sekelompok kelompok progresif internasional pada hari Jumat kemarin merilis sebuah Deklarasi Athena yang menuntut penarikan segera pasukan Rusia dari Ukraina.

Dalam tajuk Deklarasi Athena itu, kelompok progresif tersebut berharap militerisme yang merajalela segera berakhir. Serta menggagas gerakan kolaboratif untuk memastikan perdamaian abadi dan planet bumi yang aman dari bencana iklim.

Deklarasi Athena diresmikan dalam konferensi pers di Ibu Kota Yunani oleh penulis Turki Ece Temelkuran, Anggota Parlemen Inggris. Ada juga mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn. Dan mantan menteri keuangan Yunani dan pemimpin partai MeRA25 Yanis Varoufakis. Ketiganya adalah anggota dewan Progresif Internasional.

Baca Juga: Hari Buruh Internasional 2022: Partai Buruh usulkan Marsinah jadi Pahlawan Nasional

"Setiap juta dolar yang dihabiskan untuk persenjataan utama adalah satu juta dolar yang tidak tersedia untuk sekolah, tidak tersedia untuk rumah sakit, tidak tersedia untuk perumahan, tidak tersedia untuk memberi makan orang yang paling lapar di dunia," kata Jeremy Corbyn, dilansir Hops.ID dari laman commondreams, Minggu 15 Mei 2022.

"Tujuan kami di sini adalah untuk mewujudkan itu semua.. suara untuk perdamaian," katanya lagi.

Dalam kesempatan itu, Corbyn juga membahas invasi Rusia, dengan mengatakan bahwa 'situasi yang dihadapi dunia saat ini mengerikan dan suram'. 

Baca Juga: Pekerja patut tahu, begini sejarah panjang Hari Buruh Internasional dari masa ke masa

Dia merujuk fakta sederhana bahwa sekitar enam juta orang kini terpaksa melarikan diri dari Ukraina dan kengerian perang yang mengambil nyawa manusia, menghancurkan tempat itu, dan mengancam pasokan makanan dunia.

Secara keseluruhan, isi deklarasi tersebut, tegak lurus menyatakan:

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Common Dreams

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB disarankan majukan Capres dari hasil Konvensi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:31 WIB

Ekonom apresiasi keberlanjutan Program Pra Kerja

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:51 WIB