Geram Suriah digempur Israel, Rusia kirim serangan balasan, tembakkan rudal canggih S-300

- Selasa, 17 Mei 2022 | 10:32 WIB
Rusia serang balik jet tempur Israel dengan rudal S-300 sebagai bentuk balasan atas serangan zionis ke wilayah Suriah (Wikipedia)
Rusia serang balik jet tempur Israel dengan rudal S-300 sebagai bentuk balasan atas serangan zionis ke wilayah Suriah (Wikipedia)

Hops.ID – Pasca serangan Israel yang dilakukan di wilayah Masyaf Suriah, pasukan militer Rusia dilaporkan melayangkan serangan balasan, dengan menembakkan rudal S-300 yang menyasar jet tempur Israel.

Serangan ini merupakan serangan balasan atas tindakan militer Israel pada Jumat lalu, di mana Israel saat itu menyerang wilayah Masyaf, termasuk pangkalan militer Iran di Barat laut Suriah.

Serangan yang menewaskan lima orang dan menyebabkan tujuh orang luka-luka ini sempat dihalau oleh militer Suriah. Tetapi, tangkisan ini dinilai tidak berhasil.

Militer Suriah saat itu berusaha menembakkan puluhan rudal untuk menghalau pesawat Israel, tetapi sebagian besar tembakan disebut tidak efektif. 

Baca Juga: Profil Achmad Megantara pemeran Bima KKN di Desa Penari: Kehidupan pribadi, perjalanan karier, dan prestasi

Jet tempur Israel akhirnya meninggalkan wilayah tersebut setelah pasukan militer Rusia menembakkan rudal canggih S-300.

Merespon tindakan ini, meski tidak secara khusus merujuk pada serangan Rusia, Menteri Pertahanan Israel Benny Grantz menyebut bahwa tidak ada yang mampu menghalagi tindakan Israel di Suriah yang disebut sebagai upaya agar Iran tidak mentransfer senjata canggih melalui wilayah Suriah.

Pernyataan ini merujuk pada tuduhan lama yang disematkan Israel kepada Iran yang dianggap menyuplai amunisi canggih pada kelompok teror Hizbullah Lebanon melalui wilayah Suriah.

Baca Juga: Heboh! Dikurung dalam ruangan 1X2 meter ala penjara, UAS dan rombongan dideportasi Singapura

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Times of Israel

Tags

Artikel Terkait

Terkini