Profil Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, presiden ke-3 Uni Emirat Arab (UEA)

- Selasa, 17 Mei 2022 | 15:34 WIB

Hops.IDSheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan terpilih sebagai Presiden ketiga Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu, 14 Mei 2022. Dirinya menggantikan mendiang presiden, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, yang meninggal dunia pada Jumat di usia 73 tahun.

Sheikh Mohamed (61 tahun), sebelumnya menjabat sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi selama 18 tahun. Dia juga menjabat sebagai Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Sheikh Mohamed adalah putra ketiga dari Bapak Pendiri UEA Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang meninggal pada 2 November 2004. Sheikh Mohammad telah menikah dan kini merupakan ayah dari sembilan anak.

Baca Juga: Pemerintah Tibet tingkatkan taraf hidup penyandang disabilitas dengan akses luas mendapat pekerjaan

Adapun ia menekuni pendidikan awal di luar negeri, dan lulus dari Akademi Militer Kerajaan Sandhurst pada tahun 1979.

Diketahui, ia juga tercatat telah memegang berbagai posisi di militer UEA, termasuk perwira di Amiri Guard dan pilot di Angkatan Udara UEA. Pada Januari 1993, ia diangkat sebagai kepala staf Angkatan Bersenjata UEA dan berpangkat Letnan Jenderal dari Januari 1994 hingga Januari 2005, ketika ia dipromosikan ke pangkat Jenderal.

Pada Desember 2004, ia menjadi kepala Dewan Eksekutif Abu Dhabi atau pemerintahan Emirat Abu Dhabi.

Baca Juga: Terangi langkah difabel, China memperluas akses buku bacaan berkualitas untuk penyandang tunanetra

Sheikh Mohamed, telah selama bertahun-tahun memegang kekuasaan di belakang layar. Kini dirinya juga memimpin penataan kembali Timur Tengah, yang menciptakan poros baru anti Iran dengan Israel.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini