Penanganan Covid-19 terkendali, Presiden Jokowi: Yang sudah vaksinasi lengkap, tidak usah tes antigen dan PCR

- Selasa, 17 Mei 2022 | 19:18 WIB
Presiden Joko Widodo (Sumber foto: Dok. Setkab)
Presiden Joko Widodo (Sumber foto: Dok. Setkab)

Hops.ID – Terkait kebijakan baru yang baru saja dikeluarkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan tes PCR atau antigen bagi pelaku perjalanan.

Namun, aturan tersebut berlaku bagi masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Dilansir dari laman Setkab RI, Presiden Jokowi juga menyampaikan kebijakan baru terkait Covid-19 yang kini tidak membutuhkan hasil tes lagi ketika ingin bepergian.

Baca Juga: Yusril: UAS bukan deportasi tapi kena pencegahan, Singapura wajib jelaskan

“Pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen,” kata Presiden Jokowi dalam pernyataannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 17 Mei 2022.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.

Itu artinya, masyarakat tidak lagi diharuskan memakai masker. Namun, bukan berarti kita bebas tidak memakai di mana saja.

Baca Juga: Ruhut terancam dipenjara PDIP malah persilahkan pendukung Anies yang tidak terima: Kami hormati tak ada cara..

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” kata Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini