Menteri Perdagangan adakan pertemuan khusus dengan Menteri Ekonomi ASEAN di Bali, bahas tiga poin ini

- Rabu, 18 Mei 2022 | 15:38 WIB
Menteri Perdagangan adakan pertemuan khusus bersama Menteri Ekonomi ASEAN di Bali (Kemendag)
Menteri Perdagangan adakan pertemuan khusus bersama Menteri Ekonomi ASEAN di Bali (Kemendag)

Hops.ID - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi mengadakan pertemuan khusus para menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Minister’s Special Meeting) pada 17-18 Mei 2022 di Bali.

Seperti diketahui jika para menteri ekonomi ASEAN baru saja kembali dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Amerika Serikat (AS) pada hari Jumat, 13 Mei 2022. Pertemuan ini dianggap sebagai pertemuan khusus karena tidak dijadwalkan sebelumnya dalam agenda resmi ASEAN.

“Pertemuan ini juga pertama kalinya para menteri ASEAN bertemu semenjak diterapkannnya protokol kesehatan Covid-19,” kata Menteri Perdagangan Lutfi sebagaimana dikutip dari Website Kementerian Perdagangan pada Rabu, 18 Mei 2022.

Baca Juga: Nathalie Holscher beri nasihat untuk Ria Ricis yang super aktif saat hamil, jangan capek-capek

Mendag Lutfi menyampaikan 3 hal alasan strategis utama mengundang para menteri ekonomi ASEAN untuk menghadiri pertemuan khusus para Menteri Ekonomi ASEAN di Bali.

Pertama, kesuksesan ASEAN dalam KTT ASEAN-AS yang dilakukan pada Minggu lalu dan Indonesia menjadi negara koordinator ASEAN dalam pertemuan tersebut, hal ini merupakan momentum penting yang harus segera ditindaklanjuti dengan positif dan konkret.

"Saat ini perekonomian dunia sedang rapuh akan tetapi ASEAN bisa mempunyai pertumbuhan ekonomi yang positif, terlebih lagi mengingat jika ASEAN merupakan satu komunitas perekonomian terbesar ketujuh di dunia,” kata Mendag Lutfi.

KTT ASEAN-AS minggu lalu ditutup dengan pernyataan bahwa akan ada kerja sama antara ASEAN-AS dan akan ditingkatkan ke level kerja sama ekonomi komprehensif dan akan dilakukan penandatanganan di bulan November tahun ini.

Baca Juga: 3 Tanda jiwa penuh menurut Psikologi, harus segera diobati

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: kemendag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini