Badai pasir menerjang wilayah Arab, sejumlah sekolah ditutup

- Rabu, 18 Mei 2022 | 16:42 WIB
Ilustrasi badai pasir (ELG21/Pixabay)
Ilustrasi badai pasir (ELG21/Pixabay)

Hops.ID - Arab Saudi baru saja diterjang badai pasir pada hari Selasa. Para tim ahli menganggap fenomena terjadi karena perubahan iklim yang memburuk di wilayah tersebut.

Badai pasir membuat penerbangan harus ditunda, sekolah harus ditutup dan ribuan orang dirawat di rumah sakit. Debu ini juga menganggu lalu lintas.

Pemerintah memberikan peringatan di sepanjang jalan raya Riyadh agar para pengemudi mengurangi kecepatan lantaran jarak pandang yang dekat.

Baca Juga: Jawaban 4 artis saat diminta masuk Islam lagi usai pindah agama

Pusat meteorologi nasional memperkirakan badai pasir berasal dari arah timur dan membawa kabut tebal tersebut akan terus menuju ke barat, melewati kota Mekkah dan Madinah.

Menurut laporan National Center for Meteorology (NCM) dan para pakar iklim, yang dikutip dari laman Saudi Gazette, pada Rabu, 18 Mei 2022, badai pasir ini berasal dari Irak, kini sudah menyebar ke semenanjung Arab termasuk Arab Saudi dan 3 negara lainnya, seperti Kuwait, Bahrain, dan Qatar.

Irak telah mengalami 8 badai pasir sejak pertengahan April yang disebabkan karena degradasi tanah, kekeringan dan curah hujan rendah karena perubahan iklim.

Baca Juga: Pendeta Saifuddin klaim jadi dalang UAS dideportasi: Somad ini menghina Kristen

Badai pasir ini menyelimuti ibu kota Baghdad, Irak dengan cahaya oranye pada hari Senin dan membuat 4.000 orang dibawa ke rumah sakit karena masalah pernapasan. Karena badai ini juga bandara, sekolah dan kantor di Irak ditutup.

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Saudi Gazette, NDTV

Tags

Artikel Terkait

Terkini