Jadi Sorotan WHO, ini asal-usul penyakit cacar monyet langka yang kini menyebar di AS

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:04 WIB
Asal-usul cacar monyet yang menyebar hingga ke AS (Kolase foto Instagram @dokterkulitkucom dan pixabay)
Asal-usul cacar monyet yang menyebar hingga ke AS (Kolase foto Instagram @dokterkulitkucom dan pixabay)

Hops.ID - Amerika serikat atau AS telah mecatat satu kasus cacar monyet atau monkeypox pada Rabu, 18 Mei 2022.

Cacar monyet atau Monkeypox adalah penyakit langka yang berasal dari keluarga virus yang sama dengan cacar, yang meliputi cacar sapi, camelpox, horsepox, dan lain-lain. Virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1958 di koloni monyet, penelitian menurut CDC.

Lonjakan kasus cacar monyet atau monkeypox yang tiba-tiba telah memicu kekhawatiran dari para profesional kesehatan masyarakat.

Penyakit langka ini biasanya ditemukan di Afrika Tengah dan barat, tetapi belakangan ini sebagian kecil cacar monyet atau monkeypox telah terindikasi di negara Inggris, Portugal, Spanyol, Italia, dan Swedia.

Baca Juga: Teror virus Hendra kembali merebak sejak 1994, ternyata begini asal usulnya

Dilansir oleh Hops.ID dari Usatoday.com pada 20 Mei 2022, seorang profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, Dr. Anne W. Rimoin mengatakan:

“Cacar monyet biasanya tidak terjadi secara global,” ungkapnya.

Rimoin juga mengungkapkan ia telah mempelajari secara ekstensif cacar monyet dan penyakit menular lainnya di Afrika Tengah. Ia mengatakan wabah tersebut merupakan kejadian langka dan tidak biasa.

Cacar monyet biasanya menyebar ke orang-orang dari hewan yang terinfeksi seperti tikus. Penularan dari manusia ke manusia mungkin terjadi tetapi kurang umum.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: usatoday.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini