Israel dan Swiss konfirmasi kasus pertama cacar monyet, berikut daftar negara yang terkena wabah ini

- Minggu, 22 Mei 2022 | 15:20 WIB
Ilustrasi cacar monyet (Getty Images/iStockphoto/syahrir maulana)
Ilustrasi cacar monyet (Getty Images/iStockphoto/syahrir maulana)

Hops.ID - Israel dan Swiss mengonfirmasi kasus monkeypox (cacar monyet) pertama mereka, setelah sebelumnya beberapa negara Eropa dan Amerika Utara telah mendeteksi penyakit endemik di beberapa bagian Afrika tersebut.

Pemerintah Israel melaporkan kasus cacar monyet pertama di negara mereka pada Sabtu, 21 Mei 2022 kemarin. Kasus pertama ini menimpa seorang pria berusia 30 tahunan yang baru saja kembali dari perjalanan dari Eropa Barat. Pasien dilaporkan dalam kondisi ringan dan saat ini sedang dikarantina di Tel Aviv Sourasky Medical Center.

Menteri Kesehatan Israel Nitzan Horowitz mengatakan saat ini pemerintah telah menyediakan beberapa ratus vaksin yang ditujukan untuk staf medis yang merawat pasien cacar monyet tersebut. Selain itu, vaksin tersebut juga dapat dibeli untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Baca Juga: Aliansi Rakyat Bergerak Yogyakarta serukan aksi peringatan 24 tahun Reformasi: Gejayan Memanggil

Ia tidak memberikan rincian vaksin apa saja yang dapat digunakan tetapi vaksin cacar biasa juga dapat melindungi dari cacar monyet

"Ini bukan pandemi, tidak seperti virus corona," katanya dikutip Hops.ID dari Reuters.com pada Minggu, 22 Mei 2022.

Sementara itu, Swiss juga mengonfirmasi kasus cacar monyet pertama mereka yang terdeteksi pada hari yang sama dengan Israel.

Kasus ini menimpa seseorang di Kanton Bern yang tertular virus melalui kontak fisik langsung di luar negeri yang dikutip Hops.ID dari Aljazeera.com pada Minggu, 22 Mei 2022.
Diketahui orang tersebut berkonsultasi dengan dokter karena ia mengalami demam dan ruam serta merasa tidak enak badan.

Baca Juga: Cerita di balik momen langka Megawati digandeng Presiden Korea Selatan, Yoon Seok Yeol

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Reuters, Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini