Jokowi targetkan harga minyak goreng curah turun jadi Rp14 ribu per liter

- Senin, 23 Mei 2022 | 15:26 WIB
Potret Jokowi saat lakukan blusukan ke pasar tradisional
Potret Jokowi saat lakukan blusukan ke pasar tradisional

Hops.ID - Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dunia, termasuk Indonesia, saat ini tengah dihadapkan pada kemungkinan kenaikan harga pangan dan energi yang signifikan. Pemerintah pun berupaya agar tidak terjadi lonjakan kenaikan harga di bidang energi dan pangan.

Pada bidang pangan, Jokowi memberi contoh kebijakan yang ditempuh pemerintahannya agar tidak terjadi kenaikan harga minyak goreng. Meski sejumlah kebijakan telah diputuskan guna menjaga kestabilan harga minyak goreng di pasaran, Jokowi mengakui persoalan minyak goreng bukan hal yang mudah.

Baca Juga: Presiden Jokowi buka kembali ekspor minyak goreng mulai 23 Mei 2022

Menurutnya sejak Januari 2022 telah terjadi kenaikan harga minyak goreng yang disebabkan adanya kenaikan harga internasional. "Karena harga minyak goreng terutama di Eropa, di Amerika naiknya tinggi, harga di dalam negeri ketarik (naik harganya)," ujar Jokowi seperti dikutip Hops.ID dari laman menpan.go.id, Senin, 23 Mei 2022.

Itu sebabnya, produsen minyak goreng di dalam negeri lebih memilih mengekspor minyak goreng dibanding memasok kebutuhan dalam negeri. Akibatnya, terjadi kenaikan harga minyak di dalam negeri karena kelangkaan stok. Jokowi kemudian memutuskan beberapa kebijakan guna mengatasi persoalan tersebut.

"Akhirnya saya stop, stop minyak goreng enggak boleh ekspor. Tetapi itu juga kebijakan yang tidak mudah," kata Jokowi. Dampak dari larangan ekspor minyak goreng itu berdampak pada jatuhnya harga tandan sawit. Dan hal ini berkaitan dengan 17 juta orang tenaga kerja, baik petani maupun pekerja.

"Negara ini mencari keseimbangan seperti itu tidak mudah. Jangan dipikir gampang, tidak mudah. Begitu juga selain urusan petani, urusan pekerja di sawit, juga urusan income negara," kata Jokowi.

Baca Juga: Kumpulan 6 minyak rambut alami, masalah rontok lenyap seketika

Meski begitu, Jokowi optimis dalam dua pekan ke depan harga minyak goreng di pasaran sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah. "Tapi ini kuncinya sudah ketemu, ini dalam seminggu, dua minggu, Insya Allah yang namanya minyak goreng curah akan berada di harga Rp14 ribu (perliter)," tuturnya.

Halaman:

Editor: Danang Setiaji Prabowo

Sumber: menpan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB

Inflasi melandai, momentum bagus jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:19 WIB