Mengenal Josip Broz Tito, tokoh Yugoslavia dan sahabat Bung Karno yang dapat gelar Doktor Kehormatan Unpad

- Senin, 23 Mei 2022 | 16:18 WIB
Josip Broz Tito dan Soekarno (Foto: Grid)
Josip Broz Tito dan Soekarno (Foto: Grid)

Hops.ID - Agenda peringatan 130 tahun kelahiran Josip Broz Tito diselenggarakan oleh sejumlah warga di kota Kumrovec [Kroasia] dan Federasi Anti-Fasis Kroasia

Di antara masyarakat yang mengikuti kegiatan peringatan hari kelahiran Josip Broz Tito itu, banyak yang memakai kaos oblong dengan kepala Tito.

Selain itu, ada pula yang memakai medali dengan kepala Josip Broz Tito, mengibarkan bendera dengan nama Tito, serta mengiringi orasi dan pertunjukan memperingati Tito di atas panggung.

Baca Juga: Tegas, pimpinan Partai Buruh Inggris kecam perang Rusia dan Ukraina: Dunia makin mengerikan dan suram

Mantan Presiden Kroasia, Mesi, yang hadir dalam acara tersebut mengatakan dalam pidatonya bahwa Josip Broz Tito adalah seorang jenderal dan negarawan yang hebat, dan orang-orang tidak akan pernah melupakannya. 

"Josip Broz Tito, sejak dulu hingga sekarang, merupakan simbol ketabahan, tekad, keberanian, dan visi," kata Mesi, seperti dilansir Hops.ID dari laman Xinhua, Senin 23 Mei 2022.

Dalam sebuah wawancara dengan seorang reporter dari Kantor Berita Xinhua, Walikota Kumrovec Sprait turut mengatakan bahwa Tito sangat penting tidak hanya untuk Kroasia, tetapi juga untuk bekas wilayah Yugoslavia dan seluruh dunia.

Warga Kroasia yang memperingati kelahiran Josip Broz Tito

Baca Juga: Hari Buruh Internasional 2022: Partai Buruh usulkan Marsinah jadi Pahlawan Nasional

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: Unpad, Xinhua

Tags

Artikel Terkait

Terkini