Serbia sepakat tingkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan dengan Indonesia

- Senin, 23 Mei 2022 | 16:45 WIB
Kemenlu Serbia dan Retno Marsudi sepakati kerjasama (Sumber foto: kemenlu.go.id)
Kemenlu Serbia dan Retno Marsudi sepakati kerjasama (Sumber foto: kemenlu.go.id)

Hops.ID - Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Republik Indonesia baru saja bertemu dengan Menteri Luar Negeri Serbia Selakovic dalam meningkatkan kerja sama dan hubungan bilateral kedua negara di bidang ekonomi dan perdagangan.

Hal ini telah dikonfirmasi melalui postingan instagram Retno Marsudi yang menyatakan pada pertemuantersebut akan membahas tentang penguatan kerjasama ekonomi, kerjasama dalam kerangka ASEAN dan kerjasama dalam kerangka Indo Pasifik.

"Menlu Blinken dan saya juga membahas perang di Ukraina dan saya tegaskan pentingnya memberikan kesempatan bagi resolusi damai. Jika perang berlanjut maka kita semua akan merugi,” kata Retno Marsudi sebagaiman dikutip Hops.id dari postingan Instagram @retno_marsudi.

Baca Juga: Konten mengandung bawang!! Kisah penantian Mbah Sri dalam film Ziarah karya BW Purba, link full movie di sini

Retno mengatakan bahwa sejumlah sektor industri di Serbia seperti konstruksi, perhotelan, makanan, dan minuman sedang membutuhkan pasokan pekerja tambahan. Pekerja migran asal Indonesia bisa bekerja di berbagai sektor tersebut.

Mengenai kerjasama ketahanan pangan, kami telah mendiskusikan tentang dampak perang di Ukraina terhadap ketahanan pangan, khususnya kenaikan harga pangan. Untuk itu, kami sepakat untuk meningkatkan kerjasama perdagangan komoditas pangan/pertanian khususnya gandum.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, dalam pertemuan tersebut dijelaskan bahwa pertemuan tersebut membicarakan tentang perkembangan hubungan bilateral.

Baca Juga: DKI Jakarta ekspor 19 ton beras ke Arab Saudi, netizen sentil kasus impor cangkul: Kebangetan Pak Anies!

"Kami membicarakan tentang perkembangan hubungan bilateral juga penandatanganan: MoU tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional dan Kapasitas Bangunan ditandatangani Desember 2021, Treaty on Mutual Legal Assistance (MLA) in Criminal Matters dan Treaty on Extradition; dan MoU Kerjasama Peningkatan Kapasitas Diplomatik,” kata Retno Marsudi.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: kemlu.go.id, Instagram @retno_marsudi

Tags

Artikel Terkait

Terkini