Program subsidi minyak goreng curah diberhentikan 31 Mei 2022

- Rabu, 25 Mei 2022 | 15:44 WIB
Minyak goreng curah (pikiran-rakyat.com)
Minyak goreng curah (pikiran-rakyat.com)

Hops.ID - Pemerintah akan mengubah aturan penyediaan minyak goreng dalam kerangka pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), sesuai hasil rapat koordinasi bidang maritim dan investasi pada 19 Mei 2022.

Dalam aturan tersebut, maka program pemerintah dalam hal penyediaan minyak goreng curah bersubsidi, yang dikoordinasikan oleh Kemenperin akan berhenti mulai tanggal 31 Mei 2022.

Hal tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Menteri Perindustria, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca Juga: Aurel Hermansyah beberkan alasan dia berkerudung, ternyata berawal dari perlakuan Atta yang bikin terbang

“Sehubungan dengan hal tersebut, para pelaku usaha dapat melakukan pengajuan permohonan pembayaran Dana Pembiayaan Minyak Goreng Curah oleh Pelaku Usaha kepada BPDPKS secara online melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) paling lambat tanggal 31 Juli 2022,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, sebagaimana dikutip Hops.ID dari laman Kemenperin, pada 25 Mei 2022.

Aturan subsidi minyak goreng curah diganti dengan Kebijakan Domestic Market Obligation dan Domestic Price Obligation

Menurut Menko Perekonomian, Airlangga, bahwa aturan subsidi minyak goreng akan digantikan oleh Kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) dan diharapkan akan dapat mempertahankan ketersediaan bahan baku minyak goreng.

Baca Juga: Sebut jangka pendek, cara Ganjar Pranowo terkait banjir rob kena sentil: 8 Tahun cuma isi...

Terkait jumlah DMO yang ditetapkan, ada sekitar 10 juta minyak goreng, di mana lebih rinci terdiri dari 8 juta ton minyak goreng yang digunakan dan 2 juta ton sebagai cadangan.

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Kemenperin

Tags

Artikel Terkait

Terkini