Korea Utara lakukan uji coba tiga rudal usai Joe Biden mengakhiri tur Asia

- Rabu, 25 Mei 2022 | 16:51 WIB
Ilustrasi rudal  (PxHere)
Ilustrasi rudal (PxHere)

Hops.ID – Pemerintah Korea Selatan dan Jepang mengungkapkan, Korea Utara melakukan uji coba tiga rudal di lepas pantai timur yang diduga terdapat intercontinental ballistic missile (ICBM) atau rudal balistik.

Tes tersebut terjadi pada hari Rabu, 25 Mei 2022, beberapa jam setelah Joe Biden, presiden Amerika Serikat, meninggalkan wilayah tur yang ia lakukan selama 5 hari belakangan.

Pada kesempatan tersebut, Biden berjanji untuk membela Korea Selatan dan Jepang dalam menghadapi persenjataan nuklir dan rudal Korea Utara yang terus berkembang.

Baca Juga: 5 Tim dengan gelar liga paling banyak berturut-turut di Liga Domestik Eropa

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan rudal pertama diluncurkan dari daerah Sunan di ibukota Korea Utara, Pyongyang, pada Rabu, 25 Mei 2022 pukul 6 pagi waktu setempat.

Sedangkan, rudal kedua diluncurkan 37 menit kemudian dan yang ketiga lima menit setelah rudal kedua diluncurkan, dilansir Hops.ID dari Aljazeera.com pada 25 Mei 2022.

Pihak militer mengatakan rudal yang pertama diluncurkan diduga ICBM yang terbang sekitar 360 km (224 mil) dengan ketinggian maksimum 540 km (336 mil).

Baca Juga: Makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah sudah direnovasi, Gus Rofi'i tolak rencana pemindahan: Nanti kualat

Jika ini benar, ini akan menjadi uji coba ICBM kedua yang dilakukan Korea Utara sejak Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un mengakhiri moratorium uji coba rudal jarak jauh.

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini