Tutup usia hari ini, inilah profil dan perjalanan hidup sosok Buya Syafii Maarif, sang cendekia Muhammadiyah

- Jumat, 27 Mei 2022 | 14:17 WIB
Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat 27 Mei 2022. (dok Muhammadiyah)
Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat 27 Mei 2022. (dok Muhammadiyah)

Hops.ID - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau yang lebih akrab dikenal Buya Syafii Maarif tutup usia hari ini Jumat, 27 Mei 2022.

Kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir lewat akun Twitter resminya.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," cuit Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir dikutip hops.id dari akun twitternya @HaedarNs, Jumat 27 Mei 2022.

Baca Juga: Unggahan terakhir anak Ridwan Kamil di Instagram sebelum terseret arus sungai di Swiss jadi sorotan

Haedar turut juga mendoakan almarhum. "Semoga beliau khusnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya," ungkapnya.

Sosok Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif atau yang lebih akrab dipanggil Buya Syafii lahir di Sumpur Kudus, Minangkabau pada 31 Mei 1935. Berikut ini profilnya.

Ia lahir dari pasangan Ma'rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, dan Fathiyah. Ia sendiri merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara seibu seayah, dan seluruhnya 15 orang bersaudara seayah berlainan ibu.

Baca Juga: Begini penampakan luasnya sungai Aare Swiss, tempat hilangnya anak Ridwan Kamil saat berenang

Pada masa kecilnya, Ahmad Syafii Maarif menempuh pendidikan dasarnya di sekolah rakyat di Sumpur Kudus lalu kemudian melanjutkan ke Madrasah Muallimin di Balai Tangah, Lintau, Sumatera Barat.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Mulyani jadi calon Gubernur BI? Simak faktanya

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:21 WIB