Sejarawan buat petisi JIS jadi Stadion MH Thamrin: Bangunan monumental harus dinamai dengan nama pahlawan

- Rabu, 1 Juni 2022 | 16:35 WIB
Peresmian Jakarta International Stadium (JIS) akan meriahkan oleh Persija, Bambang Pamungkas, NIKI Zefanya dan Rich Brian.  (Twitter/@aniesbaswedan)
Peresmian Jakarta International Stadium (JIS) akan meriahkan oleh Persija, Bambang Pamungkas, NIKI Zefanya dan Rich Brian. (Twitter/@aniesbaswedan)

 

Hops.ID - Sejarawan, JJ Rizal akan membuat petisi pergantian nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion MH Thamrin.

Petisi ini dibuat karena penamaan JIS diduga melanggar UU No 24 tahun 2009 karena menggunakan nama bahasa Inggris.

Jakarta International Stadium ini akan digunakan untuk acara Formula E yang diadakan 4 Juni 2022 dan akan dilihat 170 negara.

Baca Juga: Rizal Ramli disebut iri ke Jokowi, Refly Harun: Tidak banyak orang yang kritis seperti RR

"Saya buat petisi di @Change minta gubernur @aniesbaswedan untuk ganti nama stadion dengan #StadionMHThamrin ketimbang JIS," tulis JJ Rizal di akun Twitternya @JJRizal pada Selasa, 31 Mei 2022.

"Semoga kawan-kawan mau menyebarkan petisi ini agar bangunan monumental ini dapat dinamai dengan nama tokoh dengan sejarah yang monumental," tambah JJ Rizal.

Thamrin merupakan pahlawan nasional sekaligus pahlawan sepakbola Jakarta serta Indonesia. Thamrin berhasil menyatukan sepakbola dengan gerakan kebangsaan.

Baca Juga: Doa untuk Eril, Ustaz Adi Hidayat ajak ayo perbanyak baca surat dan ayat ini

Lapangan sepakbola harus dibuat jadi tali penghubung rakyat dengan tokoh pergerakan. Darma bakti dan warisan MH Thamrin begitu besar kepada sepakbola Jakarta serta Indonesia. 

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parpol mulai tawar menawar koalisi menuju 2024

Jumat, 30 September 2022 | 21:27 WIB

Transformasi ekonomi digital mesti infrastruktur dan SDM

Kamis, 29 September 2022 | 20:46 WIB

Apa itu peristiwa berdarah G30S/PKI? Ini penjelasannya

Kamis, 29 September 2022 | 19:59 WIB