Profil tugas dan program kerja Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

- Senin, 6 Juni 2022 | 15:49 WIB
Profil tugas dan program kerja Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Instagram @luhut.pandjaitan)
Profil tugas dan program kerja Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Instagram @luhut.pandjaitan)

Hops.ID - Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan merupakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) di bawah kabinet Kerja jilid II.
Luhut Binsar Pandjaitan diangkat menjadi Menko Marves pada 27 Juli 2016 dalam reshuffle Kabinet Kerja jilid II menggantikan Rizal Ramli.

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di kabinet yang sama.

Lantas apakah sebenarnya tugas dan progam kerja Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Marves? Berikut ulasannya dilansir dari maritim.go.id pada 6 Juni 2022.

Baca Juga: Unggah video bertuliskan Capres 2024, pidato Farhat Abbas dinilai aneh, dibilang rekam dan bawa meja sendiri

Tugas

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mempunyai tugas yakni menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan dibidang kemaritiman dan investasi.

Fungsi

Dalam melaksanakan tugas, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyelenggarakan fungsi:

  • Koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan kementerian/lembaga yang terkait dengan isu di bidang kemaritiman dan investasi.
  • Pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/lembaga terkait dengan isu di bidang kemaritiman dan investasi.
  • Pengelolaan dan penanganan isu yang terkait dengan bidang kemaritiman dan investasi.
  • Pengawalan program prioritas nasional dan kebijakan lain yang telah diputuskan oleh presiden dalam sidang kabinet.
  • Penyelesaian isu di bidang kemaritiman dan investasi yang tidak dapat diselesaikan atau disepakati antar kementerian/lembaga dan memastikan terlaksananya keputusan dimaksud.
  • Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
  • Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
  • Pengawasan atas pelaksanaan fungsi di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden.

Baca Juga: Aksi protes usut mafia minyak goreng, emak-emak pukuli wajan dan panci desak Jokowi copot Airlangga Hartarto

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: maritim.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Golkar Tegaskan KIB Tetap Solid

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:31 WIB