Setelah ganggu kedaulatan Ukraina, Rusia berencana cabut status kemerdekaan Lituania

- Jumat, 10 Juni 2022 | 14:02 WIB
Yevgeny Fyodorov ajukan RUU ke negara Duma Rusia untuk mencabut kemerdekaan Lituania (Tangkapan layar Youtube The Independent)
Yevgeny Fyodorov ajukan RUU ke negara Duma Rusia untuk mencabut kemerdekaan Lituania (Tangkapan layar Youtube The Independent)

Hops.ID -  Rancangan undang-undang (RUU) baru saja diajukan ke Duma, Rusia untuk mencabut resolusi Dewan Negara Uni Soviet tentang pengakuan atas kemerdekaan Republik Lituania. RUU ini merupakan hasil rancangan anggota partai bersatu Rusia bernama Yevgeny Fyodorov.

Dikutip dari stasiun tv dan radio Lituania (LRT), Fyodorov memberi catatan tambahan pada RUU nya yang menyatakan bahwa Rusia merupakan penerus sah Uni Soviet, serta menyinggung referendum pada Maret tahun 1991 yang menyatakan soal dukungan atas kokohnya kedaulatan Uni Soviet dalam satu negara.

Meski pada September ditahun yang sama, Dewan Negara Uni Soviet yang kala itu diketuai oleh Presiden Soviet Mikhail Gorbachev menciptakan sebuah resolusi untuk mengakui kemerdekaan Republik Lithuania. Fyodorov disisi lain menyebut bahwa resolusi ini tidak sah atau ilegal.

Baca Juga: Marissya Icha ungkap pengalaman pahit berumah tangga dengan Syaiful Safir: Gak bisa diobatin dengan obat biasa

RUU yang dirancang oleh Fyodorov ini diajukan tak lama setelah Parlemen Lituania menciptakan resolusi Mei yang mengakui bahwa apa yang dilakukan Rusia ke Ukraina adalah bentuk genosida, dan menyebut Rusia sebagai negara teroris.

Sebagai informasi, Lituania merdeka dari Uni soviet pada Maret 1990. Meski beberapa bulan kemudian, pada Januari 1991 pasukan Soviet berusaha menggulingkan pemerintah Lituania. Tetapi, pasukan Soviet akhirnya hengkang dari Lituania pada tahun1993.

Menurut pengamat Rusia asal BBC monitoring, Francis Scarr melalui akun twitternya menyebut jika RUU yang diajukan oleh Fyodorov tidak akan sukses.

Baca Juga: Ramalan Percintaan Zodiak Pisces bulan Juni 2022, luangkan waktu untuk merenungkan hubunganmu

“Anggota parlemen Rusia Bersatu, Yevgeny Fyodorov telah mengajukan RUU untuk mencabut pengakuan kemerdekaan Lituania. Pandangan Fyodorov sangat ekstrem bahkan menurut standar anggota parlemen Rusia. Jadi saya tidak berpikir ini akan terjadi,” tulisnya seperti dikutip Hops.ID dari laman News Week pada Jumat 10 Juni 2022.

Keputusan ini disebut berhubungan dengan kiprah Lituania dalam konflik Rusia-Ukraina. Di mana sebagai negara yang berbatasan dengan daerah kantong Rusia, Kaliningrad, Lituania menjadi tempat latihan aliansi demi mempersiapkan setiap agresi yang dilakukan Rusia.

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Newsweek, LRT

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi tinggi dan perlambatan bayangi pemulihan ekonomi

Selasa, 27 September 2022 | 19:28 WIB