Konologi lengkap hilangnya Eril: terseret arus Sungai Aare hingga ditemukan di Bendungan Engehalde

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 06:50 WIB
Jasad Eril akan dikebumikan di pemakaman keluarga Cimaung (Instagram @ataliapr)
Jasad Eril akan dikebumikan di pemakaman keluarga Cimaung (Instagram @ataliapr)
 
 
Hops.ID - Kini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri, Atalia Praratya sudah bisa lebih tenang pasalnya jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sudah ditemukan. Kronologi meninggalnya Eril pun menjadi sorotan. 
 
Eril ditemukan sudah tidak bernyawa dan saat ini sedang dalam proses pengurusan untuk kepulangan ke Tanah Air. 
 
Ridwan Kamil sendiri, sudah sejak Kamis berada di Bern, Swiss dan telah menyampaikan, jika jenazah Eril akan kembali ke Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 dan akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022. 
 
Berikut kronologi hilangnya Eril sejak berenang di Sungai Aare hingga ditemukan jasadnya di Bendungan Engehalde seperti yang dikutip  Hops.ID dari akun instagram @rkjabarjuara
 
 
1. Berenang kemudian hilang di Sungai Aare
Pada Kamis, 26 Mei 2022, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril beserta ibu, adik, dan temannya berada di area Sungai Aare untuk berenang. Kala itu, sang ibu Atalia tidak turut turun ke sungai atas arahan Eril. Namun, sayangnya tiba-tiba Eril terseret arus deras hingga tidak bisa menepi dan menyelamatkan diri. 
 
2.Eril dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss pada pukul 11:00 waktu Bern. Polisi Sungai di Aare langsung merespon dengan melakukan penyisiran di sekitar Sungai Aare.
 
3. Ridwan Kamil bertolak ke Swiss
Saat musibah menimpa Eril, sang ayah Ridwan Kamil masih dalam tugas kedinasan di London, Inggris.
 
Ridwan Kamil menyelesaikan tugasnya lalu berangkat menuju Bern, Swiss pada keesokan harinya Jumat, 27 Mei 2022.
 
 
4. Pencarian intensif
Sabtu, 28 Mei 2022, setelah berkumpul di Bern, Ridwan Kamil dan keluarga ikut melakukan pencarian Eril secara intensif dengan menyisir area TKP hingga jarak 5 sampai 8km sepanjang Sungai Aare.
 
5. Pencarian di dua pintu air
Ridwan Kamil turun langsung dalam pencarian Eril. Pencarian pada hari Minggu, 29 Mei 2022 difokuskan pada dua pintu air yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde.
 
6. Dikunjungi walikota Bern
Di hari ke 5 pada Senin, 30 Mei 2022, pencarian masih diteruskan diantara dua pintu air. Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ditemani Duta Besar Muliaman Hadad, dikunjungi oleh walikota Kota Bern, Alec Van Greffenried yang menyampaikan simpati yang terdalam kepada orang tua Eril.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil dan Atalia juga bertemu dengan Heinrich, penduduk Bern yang pada saat kejadian turut membantu adik perempuan Eril, Zara, dan temannya naik ke daratan saat itu.
 
 
7. Ridwan Kamil pulang ke Indonesia
Setelah lebih dari sepekan mencari Eril di Sungai Aare, Ridwan Kamil memutuskan untuk pulang ke Indonesia pada Jumat, 3 Juni 2022.
 
Saat itu, Ridwan Kamil dan Atalia mengaku sudah mengikhlaskan kepergian Eril meski jasadnya belum diketemukan. Namun pencarian di Sungai Aare tetap diteruskan oleh perwakilan dari keluarga. 
 
8. Takziah dan Doa Bersama
Pada Sabtu, 4 hingga 7 Juni 2022
Ridwan Kamil dan keluarga melakukan takziah doa bersama untuk Eril di Gedung Pakuan. Tokoh-tokoh masyarakat, artis hingga warga berdatangan ke Gedung Pakuan. Karangan bunga tanda belasungkawa dari berbagai kerabat mulai memenuhi Gedung Pakuan.
 
9. Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde
Pada Rabu, 8 Juni 2022, pihak KBRI dan perwakilan mengumumkan bahwa jenazah Eril ditemukan pada pukul 11:50 waktu Bern di area Bendungan Engehalde. Ridwan Kamil langsung mengajukan cuti dan berangkat menuju Swiss. KBRI turut melakukan pengawalan  hingga jenazah Eril tiba di Indonesia.***
 

Editor: Nariyati

Sumber: Instagram @rkjabarjuara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB sudah punya tiket, tidak akan buru-buru

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:01 WIB

Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:48 WIB